News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Bioskop Kembali Dibuka Saat Masih Pandemi Covid-19, Satgas Covid-19 Sebut Bisa Meningkatkan Imunitas

Penulis: Reza Deni
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Bioskop di DKI Jakarta segera dibuka, meski pandemi covid-19 belum usai. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah melakukan kajian terkait hal ini.

Menurut Satgas, pembukaan bioskop bisa meningkatkan imunitas masyarakat.

"Perlu kami sampaikan bahwa bioskop dan sinema memang memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental fisik dari para penonton dan masyarakatnya juga ditingkatkan. Bioskop sinema salah satu kontributor untuk itu dalam rangka menghadapi Covid-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Wiku mengatakan ada beberapa pertimbangan dari kesehatan yang perlu diperhatikan dengan ketat dalam rangka pembukaan bioskop dan sinema ini di Indonesia.

Dalam konteks Satgas, pembukaan kegiatan sosial melalui proses yang panjang.

Baca: Bioskop di Jakarta Segera Dibuka Kembali, Anies Ingatkan Prinsip 3M dan Jarak Penonton

Baca: Gubernur Anies Sebut Bioskop di Jakarta Akan Kembali Dibuka, Bagaimana Regulasinya?

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat Update Penanganan Covid-19 melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/8/2020). / Capture video (Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda)

"Pertama adalah harus melakukan prakondisi dimana dalam prakondisi ini dipastikan tentang kesiapan tentang fasilitas itu sendiri, dari kesiapan fasilitas pendukungnya, dan juga dalam penyelenggaraan dan masyarakat itu sendiri," lanjutnya.

Yang kedua, dikatakan Wiku, juga harus melihat dari aspek timing

"Tentunya tidak semua sama waktunya untuk memastikan bahwa setiap yang dilakukan betul-betul dengan perhitungan yang sangat matang," katanya.

Wiku lalu mengatakan bahwa hal tersebut harus melihat prioritasnya, baik prioritas sektor maupun prioritas dalam konteksnya adalah fasilitas mana yang dibuka.

"Tentunya semuanya dilakukan dengan proses simulasi dan penyiapan yang matang dan selalu berkoordinasi," katanya.

Simulasi tersebut, dikatakan Wiku, menyangkut penerapan protokol kesehatan di lokasi, baik soal menjaga jarak hingga pembatasan usia pengunjung yang datang ke bioskop.

"Kita ingin memastikan seluruh prosesnya dilakukan secara bertahap, bertanggung jawab, dan transparan sehingga betul-betul pembukaan ini aman untuk kepentingan masyarakat luas. Dan kami akan selalu mendampingi bersama dengan Pemerintah daerah agar semuanya dapat dilaksanakan dengan baik," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini