News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hasil Penelitian: Orang Jahat Biasanya Suka Rasa Pahit

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi/kopi pahit

TRIBUNNEWS.COM - Kesukaan terhadap makanan dan minuman pahit seperti kopi dan air tonik ternyata dapat berarti memiliki kecenderungan psikopat.

Dikutip dari Dailymail.co.uk, psikolog menemukan mereka yang suka rasa pahit cenderung menunjukkan tanda sadisme, narsisme dan machiavellianisme.

Mereka itu menjadi cenderung bersikap mendua, mementingkan diri sendiri, berhati dingin, kurang empati, angkuh dan egois serta senang ketika orang lain susah.

"Temuan itu merupakan bukti empiris pertama bahwa preferensi rasa pahit ada hubungannya dengan ciri kepribadian jahat," kata peneliti dari Innsbruck University, Austria.

Mereka meneliti 1.000 orang dalam dua eksperimen terpisah.

Makanan pahit misalnya cocoa tanpa pemanis, kopi hitam, lobak dan kina dalam air tonik.

Dalam eksperimen pertama, 500 pria dan wanita diberi daftar panjang makanan dengan dengan jumlah yang sama untuk rasa manis, asin, asam dan pahit.

Termasuk di antaranya cake cokelat, daging asap, cuka dan lobak.

Kemudian mereka ditanya tingkat kesukaan masing-masing pada skala enam poin mulai dari sangat tidak suka sampai sangat suka.

Peserta penelitian yang berusia rata-rata 35 itu kemudian menyelesaikan empat kuesioner kepribadian terpisah.

Kuesioner pertama mengukur kadar agresi dengan minta mereka memberi peringkat seberapa banyak dengan pernyataan seperti, "Diberi provokasi yang cukup, saya mungkin memukul seseorang."

Pada kuesioner kedua, peserta diminta seberapa kuat mereka setuju atau tidak setuju dengan pernyataan yang dirancang untuk ciri kepribadian Machiavellianisme, psikopat dan narsisme.

Pertanyaan contoh dari setiap bagian itu meliputi, "Saya cenderung memanipulasi orang lain untuk mendapat yang saya mau. "Saya cenderung tidak sensitif." "Saya cenderung minta orang lain memperhatikan saya."

Selanjutnya peserta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan dimensi kepribadian "lima besar" dari extraversion, keramahan dan kesadaran serta kestabilan emosi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini