News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kematian Kim Jong Nam

Hubungan Malaysia-Korea Utara Memanas karena Kematian Kim Jong Nam

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kim Jong Nam dan Kim Jong Un

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Kematian Kim Jong Nam, kakak tiri penguasa Korea Utara Kim Jong Un, akibat pembunuhan di Kuala Lumpur, membuat hubungan diplomatik kedua negara memanas.

Pemerintah Malaysia menolak menyerahkan jenazah Jong Nam sebelum Korea Utara mengirim sample DNA keluarga korban.

Sedangkan Korea Utara menyatakan tak akan menerima hasil autopsi terhadap jenazah Jong Nam yang dilakukan otoritas forensik di Malaysia. Alasannya tindakan autopsi itu dilakukan tanpa persetujuan Duta Besar Korea utara di Malaysia.

Kepala Polisi Selangor, Abdul Samah Mat, Jumat (17/1), mengatakan tanpa penyerahan sampel DNA dari keluarga korban, pihaknya tak akan menyerahkan jenazah korban dan hasil autopsi kepada Korea utara.

Duta Besar Korea Utara di Malaysia, Kang Chol, berusaha melobi pemerintah Malaysia agar segera menyerahkan jenazah Jong Nam

Kang Chol menyebut pemerintah Malaysia memberi informasi kepadanya Jong Nam tewas akibat serangan jantung.

Ia menuding pemerintah Malaysia bersekongkol dengan kekuatan yang memusuhi pemerintah Korea Utara.

"Malaysia melakukan pemeriksaan jenazah tanpa izin dari kami. Kami akan menolak hasil autopsi yang dilakukan secara sepihak dan tidak mengikutsertakan kehadiran kami," ujar Duta Besar Kang Chol ketika ditemui di luar Kantor Departemen Forensik Rumah Sakit Kuala Lumpur.

Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri S Subramaniam, Sabtu, mengatakan Korea Utara harus menghormati hukum Malaysia terkait pemeriksaan jenazah.

Ia mengatakan kabinet pemerintah Perdana Menteri Najib Razak pada Rabu lalu telah memutuskan untuk menuntaskan pemeriksaan terhadap jenazah Jong Nam.

"Korea Utara bisa saja menolak atau menujukkan sikap tidak setuju. Namun kami melakukan tindakan itu sesuai hukum Malaysia. Kejadian itu berlangsung di negara kami," kata Subramaniam.

Ditanya apakah hubungan bilateral Malaysia dan Korea Utara akan terpengaruh, Subramaniam menyebut hal itu merupakan urusan Kementerian Luar Negeri.

"Kami akan menyerahkan jenazah kepada pemerintah Korea Utara setelah semua pemeriksaan selesai dilakukan. Kami sedang menunggu laporan toksikologi (racun), yang merupakan ujian penting untuk mengonfirmasi," katanya.

Selanjutnya terserah Polis Diraja Malaysia (PDRM), apakah akan menyerahkan kepada pemerintah Korea Utara atau tidak. "Kami ingin mendapatkan hasil yang benar sebelum melepaskan jenazah korban," tambah Subramaniam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini