News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teroris di Marawi

Filipina Desak Militan ISIS di Marawi Menyerah

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

militer Filipina telah meluncurkan serangan helikopter

TRIBUNNEWS.COM, MARAWI - Pihak berwenang Filipina pada Selasa (30/5/2017) mendesak militan Maute yang berafiliasi dengan ISIS untuk menyerah.

Seruan ini juga bertujuan untuk menyelamatkan ribuan warga sipil yang terjebak dalam pertempuran antara pasukan militer kontra militan ISIS di Marawi, Mindanao, Selatan Filipina.

Apalagi kini militer Filipina telah meluncurkan serangan helikopter untuk memukul benteng-benteng bersenjata dengan roket.

Lebih dari 100 orang tewas dalam pertempuran tersebut, yang dimulai pada Selasa pekan lalu, ketika militan bersenjata yang melambai-lambaikan bendera hitam ISIS meluluh lantakkan kota yang sebagian besar penduduknya Muslim.

Baca: Jika Filipina Kalah, Target Selanjutnya Adalah Indonesia

Presiden Rodrigo Duterte pun bereaksi tegas dengan mengumumkan status darurat militer di seluruh wilayah selatan Mindanao, tempat tinggal bagi sekitar 20 juta orang.

Tetapi para militan, awalnya diperkirakan oleh kepala pertahanan hanya berjumlah 100 orang mampu bertahan delapan hari dari serangan udara yang intens dan pertempuran di jalan ke jalan.

Hal itulah yang mendorong pemerintah mengeluarkan seruan kepada militan ISIS di Filipina Selatan untuk menyerah pada hari ini.

"Kami memberikan para militan kesempatan untuk menyerah. Masih ada kesempatan untuk meletakkan senjata Anda," kata juru bicara militer Brigadir Jenderal Restituto Padilla via radio DZBB.

"Jika Anda melakukan itu, akan lebih baik sehingga tidak ada orang lain akan diseret ke ini, semakin banyak bangunan akan hancur."

Ketika ditanya mengapa pemerintah telah mengeluarkan seruan untuk menyerah?

Juru bicara Presiden, Ernesto Abella menjawab. "Untuk mengurangi kerusakan di wilayah tersebut, pun terhadap berkurangnya dampaknya kepada warga sipil".

Hingga 2.000 penduduk terjebak di tempat-tempat yang dikuasai para militan, menurut pemerintah lokal.

Komite Palang Merah Internasional telah menyuarakan "alarm" waspada terhadap mereka akan tertangkap dalam serangan bom atau baku tembak.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini