News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Siapa Kim Yo-jong? Si Pembisik sekaligus Bertugas Memoles Citra Pemimpin Korut Kim Jong-un

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kim Yo-jong mendampingi kakaknya, Kim Jong-un, mengunjungi satu unit militer Korea Utara pada 2015.

TRIBUNNEWS.COM, KOREA - Keputusan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengangkat sang adik perempuan, Kim Yo-jong, menjadi anggota politbiro Partai Pekerja dipandang sebagai bagian dari konsolidasi kekuasaan.

Ia masuk ke politbiro menggantikan bibinya, Kim Kyong-hui, salah satu tokoh penting di lingkaran dalam ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il.

Dengan masuk ke politbiro, komite yang sangat berpengaruh, Kim Yo-jong praktis masuk ke lembaga yang bertanggung jawab mengambil keputusan-keputusan penting.

Sebelum masuk ke politbiro, Yo-jong bertanggung jawab memoles citra Kim Jong-un.

Baca: Pesan ICAN, peraih Nobel Perdamaian 2017, untuk Trump dan Kim Jong-un

Kim Jong-un dan adiknya, Kim Yo-jung, mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Berne, Swiss. (KCNA via BBC)

Menurut sejumlah laporan, dialah yang meminta Kim Jong-un mengunjungi taman-taman hiburan, sekolah, perumahan rakyat dan mengusulkan agar sang kakak bersahabat dengan mantan pemain bola basket kenamaan Amerika Serikat, Dennis Rodman.

Selain memastikan citra positif, ia juga mengurusi logistik dan perjalanan Kim Jong-un maupun berperan sebagai penasehat politik.

Sekolah di Swiss

Tak diketahui secara pasti usia Kim Yo-jong, tapi hampir semua pengamat Korea Utara meyakini ia lahir pada 1987 atau empat tahun lebih muda dari Kim Jong-un.

Ia lahir dari ibu yang melahirkan Kim Jong-un dan saudara laki-lakinya, Kim Jong-chol, menurut pengamat masalah-masalah Korea Utara dan akademisi di Amerika Serikat, Michael Madden.

Sama seperti sang kakak, Kim Yo-jong mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Berne, Swiss pada 1990-an. Ia disebut-sebut memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kakaknya.

Kim Yo-jong makin sering terlihat bersama kakaknya, Kim Jong-un, dalam beberapa tahun terakhir. (EPA)

Di Swiss ia dan kakaknya dilaporkan tinggal di rumah pribadi dengan pengawasan yang ketat dari pengawal pribadi dan staf yang dikirim oleh sang ayah, Kim Jong-il.

Situs yang mengamati keluarga penguasa Korea Utara menyebutkan bahwa agar Kim Yo-jong dan Kim Jong-un tak kesepian, maka Kim Jong-il pernah mengirim sejumlah musisi dari Korea Utara ke Swiss.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini