News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Mulai Desember 2020 Karyawan Bank Mizuho Jepang Boleh Memilih Bekerja 3 atau 4 Hari Dalam Seminggu

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bank Mizuho di Shinjuku.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Untuk pertama kali dalam sejarah perbankan besar Jepang, khususnya Bank Mizuho, mulai Desember 2020 memungkinkan karyawannya memilih kerja hanya 3 hari atau 4 hari dalam seminggu. Tapi gaji memreka juga akan berkurang.

"Diperbolehkannya libur tersebut sebagai upaya kami untuk mewujudkan gaya kerja fleksibel yang dipicu oleh penyebaran virus corona baru," ungkap seorang eksekutif Mizuho Bank kepada Tribunnews.com, Kamis (8/10/2020).

Mizuho Financial Group mengkaji gaya kerja, seperti memperluas kerja jarak jauh dan kerja yang lebih luas lagi, yang dipicu oleh penyebaran infeksi virus corona.

"Sebagai bagian dari ini, kami telah memutuskan untuk mengizinkan karyawan bekerja tiga hingga empat hari seminggu jika mereka menginginkannya," kata dia.

Baca: Pertama Kali dalam 10 Tahun Terakhir Gaji Pegawai Negeri Jepang Turun

Targetnya adalah sekitar 45.000 karyawan tetap dari enam perusahaan, termasuk bank, bank perwalian, dan perusahaan sekuritas di bawah Grup, sehingga liburan yang bertambah dapat digunakan untuk pekerjaan sampingan, asuhan keperawatan, dan pembelajaran.

Namun, gaji pokoknya akan berubah menjadi sekitar 80 persen untuk 4 hari kerja seminggu dan sekitar 60 persen untuk 3 hari kerja seminggu.

Perusahaan berencana untuk memperkenalkannya mulai Desember 2020 setelah diskusi dengan serikat pekerja selesai.

Baca: Jepang Batasi Tangkapan Tuna Sirip Biru, Ikan Dalam Olahan Sushi dan Sashimi

Di antara perusahaan, ada gerakan yang berkembang untuk secara drastis meninjau gaya kerja yang dipicu oleh penyebaran infeksi virus corona, seperti Toshiba dan Yahoo yang memungkinkan bekerja hanya 3 hari dalam seminggu.

Namun pengenalan skala penuh pertama kali selama 3 hari atau lebih dalam seminggu pada bank besar hanya Mizuho, grup keuangan besar pertama di Jepang.

Sementara itu telah terbit Buku "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja di Jepang dalam bahasa Indonesia, silakan tanyakan ke: info@ninjaindonesia.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini