News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kritik Muncul saat Hillary Clinton Besut Serial Dokumenter Heroiknya Wanita Kurdi

Editor: Setya Krisna Sumarga
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, usai melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/9/2012). Dalam kunjungannya di Indonesia Hillary memuji kinerja Menlu Indonesia dalam menyatukan negara-negara ASEAN menyikapi sengketa Laut Cina Selatan. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clintonmenyokong pembuatan film dokumenter tentang wanita-wanita pejuang Kurdi.

Film dokumenter itu diproduksi HiddenLightProductions, yang selain Hillary, juga didukung putrinya, Chelsea Clinton, Roma Khanna, serta Sam Branson dan Johnny Webb.

Perusahaan produksi dari Inggris, Sundog, telah memperoleh hak adaptasi serial dokumenter televisi yang diberi judul “The Daughters of Kobani”.

Cerita dokumenter itu disadur dari buku yang akan diterbitkan Penguin Press, ditulis Gayle Tzemach Lemmon. Buku akan diluncurkan pertengahan Februari 2021.

Baca juga: Hillary Clinton Dukung Joe Biden Melenggang di Pemilu AS 2020

Baca juga: Setelah Bill Clinton di 1992, Demokrat Kembali Menangkan Georgia Lewat Joe Biden Di 2020

Serial dokumenter itu didedikasikan untuk perempuan Kurdi, tidak hanya sebagai kekuatan tempur terpisah di lapangan, tetapi sebuah kelompok yang berusaha untuk mempromosikan tujuan politik mereka secara jelas.

"The Daughters of Kobani adalah kisah luar biasa tentang wanita pemberani dan pemberontak yang memperjuangkan keadilan dan kesetaraan,” kata Hillary Clinton dikutip Sputniknews.com, Selasa (26/1/2021).

“Kami menciptakan HiddenLight untuk merayakan para pahlawan, yang keberaniannya terlalu sering diabaikan. Kami sangat bersemangat menghadirkan inspirasi ini cerita kepada pemirsa di seluruh dunia," imbuhnya.

Namun demikian, para komentator meragukan Hillary Clinton di seri dokumenter ini akan secara jujur menguak kisah-kisah lain di balik problem Kurdi, bukan hanya peristiwa 10 tahun terakhir di wilayah Irak dan Suriah.

"Hai @HillaryClinton. Saya sangat berharap judul pembuka acara TV baru Anda tentang Kurdi menyertakan informasi kontekstual yang tepat!” kata seorang pemirsa mengomentari narasi Hillary.

Ia menggugat posisi politik Amerika yang mendukung Irak saat genosida mereka 1988 atas warga Kurdi di era Saddam Hussein.

"Apakah dia akan memasukkan bagian-bagian tentang bagaimana Departemen Luar Negeri (AS) mempersenjatai dan melatih kelompok-kelompok jihadis yang meneror para wanita ini dan komunitas mereka, atau dukungan suaminya untuk kekejaman Turki terhadap Kurdi di 1990-an?" protes komentator lain.

"Saya pikir dia hanya memanfaatkan Kurdi karena selama beberapa tahun terakhir kami telah menjadi sangat populer dan dicintai. Jadi subjek apa yang bisa lebih baik daripada Kurdi untuk sebuah pertunjukan?" kata pemirsa lainnya.

Hillary Clinton dianggap aktor sangat penting saat pecah perang saudara di Irak dan Suriah. Di masanya, kelompok brutal ISIS nyaris menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Etnis Kurdi dan kaum Yazidi di Irak dan Suriah menjadi sasaran kekejaman kelompok ultrafanatik yang dipimpin Abu Bakr Al Baghdady.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini