News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepala Staf AU Jepang Minta Maaf, 2 Pilot F15 yang Hilang Masih Dicari, Pecahan Pesawat Ditemukan

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebuah part pesawat jet tempur F15 ditemukan ASDF Senin ini (1/2/2022)

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kepala Staf Angkatan Udara Jepang (ASDF = Air Self Defense Force) Izutsu meminta maaf kepada masyarakat sekitar Bandara Komatsu yang prihatin atas hilangnya pesawat tempur F15 kemarin (31/1/2022).

Pada tanggal 31 bulan lalu, pesawat tempur F15 Angkatan Udara Bela Diri hilang segera setelah lepas landas dari pangkalan Komatsu di prefektur Ishikawa, sekitar pukul 17:30 waktu Jepang.

Organisasi terkait telah mencari dua anggota awak yang keselamatannya tidak diketahui selama satu hari terakhir ini.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada penduduk di sekitar Bandara Komatsu atas perhatian mereka yang besar selama ini," papar Kepala Staf Izutsu siang ini (1/2/2022).

Setelah kecelakaan kemarin, Kepala Staf, Angkatan Udara Izutsu, melakukan  pertemuan luar biasa pada tanggal 1 siang ini, dan menyatakan niatnya untuk melanjutkan menyelamatkan dua orang serta untuk menyelidiki penyebab kecelakaan dan mencegah jangan sampai  terulang.

Kepala Staf Angkatan Udara Jepang (ASDF = Air Self Defense Force) Izutsu dalam jumpa pers siang ini (1/2/2022) (Richard Susilo)

Dua orang yang hilang adalah First Class Sora, Koji Tanaka  dan First Class Sora  Ryusei Ueta.

Dalam pelatihan, Tanaka  adalah komandan kelompok, yang merupakan kepala "Kelompok Pelatihan Pejuang Taktis" yang bertindak sebagai musuh.

Menurut penyelidikan sejauh ini,  setelah pesawat tempur F15 lepas landas, pengontrol mengkonfirmasi "emisi cahaya oranye" dan menelepon melalui radio, tetapi tidak ada tanggapan. Juga, tidak ada sinyal penyelamatan yang diterima.

ASDF, Pasukan Bela Diri Maritim dan penjaga pantai telah mengerahkan pesawat pencari, helikopter, dan kapal dari Pangkalan Udara Komatsu di Prefektur Ishikawa.

Baca juga: Pesawat Tempur F15 Jepang Hilang Dengan 2 Penumpang di Dalamnya, Kemungkinan Jatuh?

Pesawat tempur itu sedang dalam perjalanan untuk pelatihan ketika menghilang dari radar tak lama setelah lepas landas sekitar pukul 17:30 Senin (31/1/2022).

"Pesawat F-15 diyakini jatuh ke laut," kata Kepala Staf Izutsu dan bagian pecahan pesawat F15 telah ditemukan sebagian.

Menurut kementerian, F-15 milik kelompok pelatihan tempur taktis pangkalan Komatsu.

Kelompok pelatihan tempur taktis, yang dikenal sebagai unit agresor, dikelola oleh pilot elit dan memainkan peran musuh dalam pelatihan untuk unit ASDF di seluruh Jepang.

Armada F-15 ASDF telah mengalami beberapa kecelakaan di masa lalu.

Pada Juli 2011, sebuah F-15 dengan Pangkalan Udara Naha di Prefektur Okinawa jatuh selama penerbangan pelatihan di atas Laut Cina Timur, menewaskan pilotnya.

Sebelumnya pada September 2008, sebuah F-15 dengan Pangkalan Udara Tsuiki di Prefektur Fukuoka jatuh ke Laut Jepang di dekat Prefektur Yamaguchi, tetapi tidak ada yang terluka.

Diskusi berbagai peralatan militer Jepanfg juga dilakukan kelompok pecinta Jepang. Bagi yang ingin bergabung silakan email ke: info@tribun.in 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini