News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

15 Kapal Rusia Siap Hadang 2 Kapal Perusak AS yang Telah Memasuki Laut Baltik

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapal perang Rusia.

TRIBUNNEWS.COM -- Sekitar 15 kapal Armada Baltik Rusia melakukan latihan pertahanan udara di tengah kehadiran dua kapal perusak Amerika Serikat, yang baru-baru ini memasuki Laut Baltik.

“Latihan praktis melibatkan awak dari total sekitar 15 kapal permukaan Armada Baltik, termasuk korvet, kapal dan kapal rudal kecil, dan kapal anti-kapal selam kecil dan kapal penyapu ranjau dari pangkalan angkatan laut Baltiysk dan Leningrad,” katanya.

Kantor berita Interfax menyebutkan, pihak Angkatan Laut Rusia mengatakan latihan yang direncanakan sebelumnya berlangsung di pangkalannya di Baltiysk dan Kronstadt.

Baca juga: Rusia Ancam Tutup Pipa Gas Utama ke Jerman, Larangan Minyak Rusia Diklaim Sebabkan Bencana Besar

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan pada 7 Maret bahwa militer Rusia mulai memantau kapal perusak AS yang telah memasuki Laut Hitam.

“Pasukan dan aset Armada Baltik telah mulai memantau kapal perusak USS Donald Cook dan kapal perusak berpeluru kendali USS Forrest Sherman milik Angkatan Laut AS, yang memasuki Laut Baltik,” kata pusat tersebut.

Armada Baltik mengatakan pada 8 Maret bahwa mereka melakukan latihan dengan sistem rudal anti-kapal Bastion, yang melakukan peluncuran elektronik sebagai "latihan pelatihan yang direncanakan untuk berlatih mempertahankan pantai wilayah Kaliningrad di tengah ancaman serangan rudal oleh unit angkatan laut musuh yang disimulasikan dari Laut Baltik."

Polandia Sumbang MiG-29 ke AS

Sementara The Guardian menyebutkan, Polandia mengatakan akan menyerahkan jet tempur MiG-29 ke AS, yang kemudian diharapkan untuk menyumbangkannya ke Ukraina di tengah peringatan badan intelijen bahwa Vladimir Putin akan "menggandakan" dalam invasinya.

Baca juga: Hari ke-13 Invasi Rusia ke Ukraina: Pasukan Putin Luncurkan Ratusan Rudal di Cherhihiv

Menteri Luar Negeri Polandia, Zbigniew Rau, mengatakan bahwa pemerintahnya “siap untuk mengerahkan – segera dan gratis – semua jet MiG-29 mereka ke pangkalan udara Ramstein dan menempatkannya di tangan pemerintah Amerika Serikat” .

Polandia diperkirakan memiliki 28 pesawat tempur era Soviet, dan telah bernegosiasi dengan pemerintahan Biden mengenai kesepakatan tiga arah untuk memasok Ukraina dengan kekuatan udara, dengan syarat bahwa MiG akan digantikan oleh jet AS yang lebih baru.

Kesepakatan itu memiliki efek berbagi risiko pembalasan Rusia dengan AS, yang akan memutuskan bagaimana dan kapan menyerahkannya kepada angkatan udara Ukraina.

“Polandia meminta Amerika Serikat untuk memberi kami pesawat bekas dengan kemampuan operasional yang sesuai,” kata Rau dalam sebuah pernyataan di situs web kementeriannya.

“Polandia siap untuk segera menetapkan kondisi pembelian pesawat.”

Baca juga: Kapal Tanker Minyak SCF Milik Rusia Dilarang Berlabuh di Kanada

Rau meminta sekutu NATO lainnya dengan jet MiG-29 – referensi ke Slovakia dan Bulgaria – untuk “bertindak dengan nada yang sama”.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini