News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Penasihat Presiden Ukraina Prediksi Invasi Rusia akan Berakhir Mei 2022, Ini Alasannya

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang petugas pemadam kebakaran menyelamatkan seekor anjing setelah sebuah gedung apartemen ditembaki di distrik Obolon barat laut Kyiv pada 14 Maret 2022. - Dua orang tewas pada 14 Maret 2022, ketika berbagai lingkungan di ibukota Ukraina, Kyiv, diserang dan ditembaki rudal. serangan, kata pejabat kota, pada hari ke 19 setelah militer Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. (Photo by Aris Messinis / AFP)

TRIBUNNEWS.COM, UKRAINA - Invasi militer Rusia ke Ukraina diprediksi akan  berakhir pada awal Mei ketika Rusia kehabisan sumber daya untuk menyerang.

Demikian dikemukakan  Oleksiy Arestovich, Penasihat Kepala Staf Presiden Ukraina.

Pembicaraan antara kedua negara yang berperang sejauh ini hanya menghasilkan sedikit kesimpulan selain beberapa koridor kemanusiaan dari kota-kota Ukraina yang terkepung.

Dalam sebuah video yang dirilis beberapa media Ukraina, Arestovich pada Senin (14/3/2022) waktu setempat, menyatakan waktu yang tepat akan tergantung pada seberapa banyak sumber daya yang Rusia berikan untuk invasi ke Ukraina.

“Saya pikir paling lambat Mei, awal Mei, kita harus memiliki kesepakatan damai, mungkin jauh lebih awal, kita akan lihat, saya berbicara tentang kemungkinan tanggal terbaru,” kata Arestovich, seperti dikutip Reuters.

“Kami berada di persimpangan jalan sekarang: akan ada kesepakatan damai yang dicapai dengan sangat cepat, dalam satu atau dua minggu, dengan penarikan pasukan dan segalanya," ujarnya.

Baca juga: Rusia-Ukraina Sepakat Sembilan Koridor Untuk Evakuasi Warga Sipil Dari 4 Kota

"Atau, akan ada upaya untuk menyatukan beberapa, katakanlah, warga Suriah putaran kedua dan, ketika kami mengerjakannya juga, kesepakatan pada pertengahan April atau akhir April,” ungkap dia.

Skenario "benar-benar gila" juga bisa melibatkan Rusia mengirim wajib militer baru setelah satu bulan pelatihan, Arestovich menambahkan.

Tapi, bahkan setelah perdamaian disepakati, bentrokan taktis kecil bisa tetap mungkin terjadi selama satu tahun ke depan, menurut Arestovich, meskipun Ukraina bersikeras pada pemindahan total pasukan Rusia dari wilayahnya.

Perang di Ukraina dimulai pada 24 Februari ketika Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan apa yang dia sebut “operasi militer khusus”, serangan terbesar terhadap negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Polandia Khawatir

Sementara itu, Polandia kini mulai khawatir perang Ukraina merambat ke wilayahnya, mengingat kedua negara ini berbatasan secara langsung.

Polandia juga harus memutar otak di tengah tingginya jumlah pengungsi Ukraina yang masuk ke negaranya.

Mengutip BBC, data terbaru PBB mencatat, Polandia telah menjadi rumah baru bagi lebih dari 1,7 juta warga Ukraina yang lari dari perang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini