News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Tuduh Ukraina Sabot Jalur Evakuasi Warga Sipil dari Mariupol

Penulis: Setya Krisna Sumarga
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang wanita menggendong seorang anak di sebelah tentara Rusia di jalan Mariupol pada 12 April 2022, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan yang strategis, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia membuat kasus yang menantang untuk perang terhadap tetangga Rusia. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP)

TRIBUNNEWS.COM, MARIUPOL - Upaya baru membuka koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil yang diduga terperangkap di pabrik baja Azovstal yang terkepung di Mariupol, telah gagal.

Militer Rusia mengakui kebuntuan itu sejak Senin (25/4/2022) malam. Moskow dan Kiev saling menyalahkan atas upaya evakuasi warga sipil yang tidak membuahkan hasil.

“Pihak berwenang Kiev hari ini kembali secara sinis mengganggu operasi kemanusiaan ini,”kata Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev.

“Pada 25 April 2022, pukul 8 malam (MSK), tidak ada yang menggunakan koridor kemanusiaan yang diusulkan,” lanjut Kepala Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia dikutip Russia Today, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Pejabat Ukraina: Pertahanan Mariupol Diambang Kehancuran

Baca juga: Jurnalis Kanada Eva Bartlett Sebut Berita Kuburan Massal di Mariupol Itu Bohong

Baca juga: Tentara Ukraina Terkepung di Pabrik Baja Mariupol, Presiden Zelensky Balik Mengancam Putin

Pejabat itu secara tegas menyalahkan kegagalan upaya evakuasi baru pada pihak berwenang di Kiev. Tidak ada inisiatif sama sekali dari Ukraina.

Meskipun berulang kali menyesali nasib warga sipil yang dikatakan bersembunyi di samping pejuang Ukraina di pabrik, Kiev belum mengambil "langkah praktis" untuk memfasilitasi evakuasi mereka.

“Perilaku yang benar-benar tidak logis dan tidak konsisten dari otoritas Kiev sekali lagi menegaskan ketidakpedulian mereka yang terang-terangan terhadap nasib orang-orang – kepada warga negara mereka sendiri,” tegasnya.

Wakil PM Ukraina Salahkan Rusia

Tak lama setelah koridor seharusnya dibuka pada pukul 14.00 waktu Mariupol, Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk menyalahkan Moskow atas kegagalan evakuasi.

Ketika dia pertama kali mengatakan kepada media Ukraina Kiev siap melakukan "segalanya" untuk membuatnya berfungsi, tak lama kemudian dia mengklaim koridor itu tidak diatur dengan benar dan tidak berfungsi.

“Penting untuk dipahami koridor kemanusiaan dibuka atas kesepakatan kedua belah pihak. Koridor yang diumumkan secara sepihak tidak memberikan keamanan, dan karena itu, pada kenyataannya, bukan koridor kemanusiaan, ”klaim Vereshchuk dalam pernyataan Telegram.

“Saya menyatakan secara resmi dan terbuka: sayangnya, tidak ada kesepakatan tentang koridor kemanusiaan dari Azovstal hari ini,” imbuhnya.

Pertempuran di Mariupol telah berkecamuk selama hampir dua bulan, ketika pasukan Rusia dan Donetsk benar-benar mengepung kota.

Pabrik baja Azovstal tetap menjadi benteng terakhir di bawah kendali Ukraina di sana, dengan pejuang resimen Azov neo-Nazi yang terkenal jahat dan unit lainnya bersembunyi di fasilitas industri yang luas.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini