News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

BBM Langka, Sri Lanka Minta Pegawai Negeri Bekerja dari Rumah Selama 2 Minggu

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Daryono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Orang-orang mengantri untuk membeli minyak tanah untuk keperluan rumah tangga di sebuah stasiun pasokan di Kolombo pada 17 Juni 2022. Pemerintah Sri Lanka telah memerintahkan pegawai sektor publik untuk bekerja dari rumah selama dua minggu.

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Sri Lanka telah memerintahkan pegawai sektor publik untuk bekerja dari rumah selama dua minggu.

Imbauan tersebut dikeluarkan karena Sri Lanka dilanda kelangkaan bahan bakar yang parah.

Dilansir Al Jazeera, dengan stok bahan bakar yang ada diproyeksikan akan habis dalam hitungan hari.

Sri Lanka berebut mencari devisa untuk membayar impor bensin dan solar yang sangat dibutuhkan.

Baca juga: Ekonomi Sri Lanka Terhenti Setelah Pasokan Bahan Bakar Mengering

Baca juga: Terjebak Krisis Ekonomi, Stok BBM Sri Lanka Hanya Cukup untuk Lima Hari

Orang-orang mengantri untuk membeli minyak tanah untuk keperluan rumah tangga di sebuah stasiun pasokan di Kolombo pada 17 Juni 2022.

Kementerian Administrasi Publik dan Dalam Negeri mengumumkan perintah kerja dari rumah pada Jumat (17/6/2022) untuk semua pegawai, kecuali pekerja yang di sektor paling penting.

“Dengan mempertimbangkan batasan pasokan bahan bakar yang ketat, sistem transportasi umum yang lemah, dan sulitnya menggunakan kendaraan pribadi, surat edaran ini memungkinkan staf minimal untuk masuk kerja mulai Senin,” kata Kementerian itu.

Surat edaran tersebut juga menyebutkan dari sekitar satu juta pegawai pemerintahnya, mereka yang menyediakan layanan penting seperti perawatan kesehatan akan terus melapor untuk bertugas di kantor mereka.

Baca juga: Sri Lanka Kembali Percayakan Pencetakan 1 Juta Buku Paspor ke Peruri

Baca juga: Sri Lanka Naikkan Tarif Pajak untuk Tingkatkan Pendapatan Pemerintah

Sekolah tutup dan belajar online jika ada akses listrik

Kementerian pendidikan juga mengatakan semua sekolah telah diminta untuk tetap ditutup selama dua minggu mulai Senin (20/6/2022) dan untuk memastikan pengajaran online jika siswa dan guru memiliki akses listrik.

Awal pekan ini, pemerintah juga menyetujui empat hari kerja dalam seminggu bagi pekerja sektor publik untuk membantu mereka mengatasi kekurangan bahan bakar kronis dan mendorong mereka untuk menanam pangan.

Baca juga: Krisis di Sri Lanka, India Memasok 40 Ribu Ton Beras ke Kolombo

Baca juga: Sosok PM Baru Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Anggota Oposisi Senior Kolombo

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa menyampaikan pernyataan nasionalnya sebagai bagian dari KTT Pemimpin Dunia Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26 di Glasgow, Skotlandia pada 1 November 2021. COP26, yang berlangsung dari 31 Oktober hingga 12 November di Glasgow akan menjadi iklim terbesar konferensi sejak KTT Paris 2015 dan dipandang penting dalam menetapkan target emisi di seluruh dunia untuk memperlambat pemanasan global, serta memperkuat komitmen utama lainnya. (AFP)

Antrian warga yang ingin membeli BBM

Garis meliuk-liuk kendaraan yang membentang beberapa kilometer telah terbentuk di banyak pompa bensin di seluruh negeri minggu ini, membuat beberapa orang menunggu lebih dari 10 jam untuk bahan bakar.

Negara ini juga menghadapi rekor inflasi tinggi dan pemadaman listrik yang berkepanjangan, yang semuanya telah berkontribusi pada protes berbulan-bulan – terkadang disertai kekerasan – yang meminta Presiden Gotabaya Rajapaksa untuk mundur.

Sri Lanka sedang dalam pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk paket bailout dengan delegasi diharapkan di Kolombo pada hari Senin.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini