News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Kerahkan Tentara Bayaran Wagner seperti Tentara Biasa di Garis Depan Ukraina

Penulis: Rica Agustina
Editor: Miftah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tentara Rusia berjalan di sepanjang jalan di Mariupol pada 12 April 2022. - Rusia mengerahkan tentara bayaran Wagner seperti tentara biasa di garis depan Ukraina, menurut Kementerian Pertahanan Inggris.

TRIBUNNEWS.COM - Tentara bayaran milik perusahaan militer swasta Rusia, Wagner Group kemungkinan telah dikerahkan seperti tentara biasa di garis depan Ukraina, menurut Kementerian Pertahanan Inggris.

Kementerian itu mengatakan ini adalah perubahan signifikan dari pekerjaan Wagner sejak 2015.

Biasanya kelompok itu melakukan misi yang berbeda dari aktivitas unit tentara normal.

"Ini adalah perubahan signifikan dari pekerjaan kelompok sebelumnya sejak 2015, ketika biasanya melakukan misi yang berbeda dari aktivitas militer reguler Rusia skala besar yang terbuka," kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam buletin intelijen reguler di Twitter, Jumat (29/7/2022).

"Tingkat integrasi baru antara kelompok 'bayangan' dan tentara Rusia ini lebih jauh merongrong kebijakan lama pemerintah Rusia yang menolak hubungan antara [perusahaan militer swasta (PMC)] dan negara Rusia," tambahnya.

Intelijen Inggris mengaitkan perubahan itu dengan kekurangan utama infanteri tempur Moskow.

Baca juga: Dampak Utama Perang Rusia vs Ukraina, Ini Jumlah Korban hingga Kerugian Keduanya

Namun tidak mungkin pasukan Wagner cukup untuk membuat perbedaan yang signifikan dalam perang di Ukraina, kata intelijen.

Sementara itu, analis menilai Moskow semakin mengandalkan Wagner untuk mempertahankan kehadirannya di bagian Ukraina yang diduduki dan bersiap untuk aneksasi ke Rusia.

"Kremlin kemungkinan tidak dapat merekrut banyak orang Ukraina untuk menegakkan undang-undang pendudukan dan memerangi upaya perlawanan di wilayah pendudukan," kata Institut Studi Perang yang berbasis di Washington, dikutip Al Jazeera.

Perusahaan militer swasta dipekerjakan untuk mendukung 'plebisit pencaplokan palsu' dan upaya integrasi lainnya, tambah analis.

Lembaga think-tank mencatat pada hari Senin bahwa rekaman media sosial geolocated menunjukkan pasukan Wagner maju ke Novoluhanske, di wilayah Donetsk di bagian timur Ukraina.

Rusia juga diduga mengimpor pesawat tempur dari wilayah operasi lain untuk berperang di Ukraina.

Komandan Komando Afrika Amerika Serikat Jenderal Stephen Townsend mengatakan Wagner telah mentransfer sejumlah pasukan yang tidak ditentukan dari Libya, di mana mereka telah mendukung komandan militer pemberontak Khalifa Haftar, Tentara Nasional Libya (LNA) dalam perang saudara di negara itu, Rabu (27/7/2022).

Uni Eropa tahun lalu menjatuhkan sanksi pada Wagner, serta pada delapan individu dan tiga perusahaan energi lainnya di Suriah yang dituduh membantu membiayai tentara bayaran di Ukraina, Libya dan Suriah.

Kota Enerhodar di Ukraina yang direbut pasukan Rusia pada Maret dan Mei 2022. - Rusia mengerahkan tentara bayaran Wagner seperti tentara biasa di garis depan Ukraina, menurut Kementerian Pertahanan Inggris. (Ukrinform.net)

Baca juga: Rentetan Rudal Rusia Hujani Ukraina Utara, Perbatasan dengan Belarusia

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini