News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Lakukan Uji Coba Rudal Balistik, Libatkan 3.000 Personel

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peluncur rudal balistik antarbenua Yars Rusia berparade melalui Lapangan Merah selama parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. Update perang Ukraina: Rusia menguji rudal balistik, bos tentara bayaran Wagner mengatakan pertempuran di Bakhmut menghancurkan kedua belah pihak.

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan pada hari Rabu (29/3/2023) bahwa mereka telah meluncurkan latihan militer yang melibatkan sistem rudal balistik antarbenua raksasa Yars.

Mengutip CNBC.com, dikatakan di situsnya bahwa 3.000 personel militer terlibat dalam latihan tersebut, yang berlangsung di tiga wilayah di Rusia.

Rusia pernah memamerkan peluncur rudal balistik antarbenua Yars saat parade militer Hari Kemenangan tahunan di Moskow pada Mei lalu.

Rudal Yars dirancang untuk menghindari sistem pertahanan rudal, yang konon memiliki jangkauan hingga jarak 12.000 km.

Uji coba ini dilakukan hanya beberapa hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia akan mengerahkan senjata nuklir taktis ke Belarusia.

Sementara itu, masih mengutip CNBC.com, berikut perkembangan lainnya seputar perang Rusia-Ukraina.

Baca juga: Dilema Zelensky, Pertahankan Bakhmut Atau Rusia Semakin Kuasai Donetsk

Kepala nuklir PBB mengunjungi pembangkit listrik yang diduduki di Zaporizhzhia

Kepala Badan Energi Atom Internasional, Rafael Grossi, tiba di Enerhodar di Ukraina selatan untuk berkunjung ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporozhzhia, menurut kantor berita Rusia RIA Novosti.

Grossi berada di sana untuk menilai secara pribadi situasi serius terkait keselamatan nuklir di fasilitas tersebut dan menekankan kebutuhan mendesak untuk melindunginya selama konflik militer yang sedang berlangsung di negara tersebut, kata juru bicara IAEA, pengawas nuklir PBB.

PLTN Zaporozhzhia telah diduduki oleh pasukan Rusia sejak awal perang.

Situs itu kini menjadi sumber ketegangan antara pasukan Rusia dan Ukraina.

Masing-masing pihak menuduh pihak lainnya melakukan penembakan di dekat lokasi PLTN dan membahayakan keselamatan dan stabilitas tempat tersebut.

IAEA menempatkan inspekturnya sendiri di fasilitas tersebut akhir tahun lalu dalam upaya untuk mengawasi standar keselamatan di lokasi tersebut.

IAEA telah berulang kali memperingatkan tentang potensi bencana nuklir jika zona aman tidak didirikan di sekitar pabrik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini