News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Prigozhin Tewas, Pasukan Wagner Bersumpah Balas Dendam ke Vladimir Putin: Mau Serbu Kremlin

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tangkapan layar ini diambil dari rekaman yang dirilis oleh kantor pers kepresidenan Rusia pada 24 Juni 2023 yang menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin membuat pernyataan di Moskow. Presiden Vladimir Putin berpidato di hadapan bangsa, kata Kremlin pada 24 Juni 2023, saat Rusia menghadapi pemberontakan oleh kelompok tentara bayaran Wagner yang telah bersumpah untuk menggulingkan kepemimpinan militer Moskow.

Prigozhin Tewas, Grup Wagner Bersumpah Balas Dendam ke Putin: Mau Serbu Kremlin

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Grup Wagner yang terkenal atas aksi-aksi kejam, dilaporkan bersumpah akan membalas dendam setelah pihak berwenang Rusia mengatakan pemimpinnya, Yevgeny Prigozhin, menadi satu di antara penumpang pesawat yang jatuh di wilayah Tver pada Rabu malam (Kamis dini hari WIB).

Insiden jatuhnya pesawat itu menewaskan semua orang di dalamnya.

Saluran berita Telegram Rusia "Mozhem Obyasnit" melaporkan pada Kamis (24/8/2023), kalau anggota Grup Wagner berencana untuk membalas dendam kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu atas kematian Prigozhin.

Baca juga: Prighozin dan Para Pentolan Wagner Tewas Sekaligus, Bagaimana Nasib Puluhan Ribu Tentara Bayaran?

Saluran Telegram lain yang terkait dengan Grup Wagner berjanji akan merebut Kremlin jika kematian Prigozhin terkonfirmasi.

Sebuah jet pribadi milik Prigozhin, yang sedang melakukan perjalanan dari Moskow ke Sankt Peterburg, jatuh di dekat desa Kuzhenkino di wilayah Tver tepat dua bulan setelah ia memimpin pemberontakan yang gagal melawan petinggi Kremlin.

Dalam pemberontakan itu, Prigozhin menyerukan penggulingan kepemimpinan militer atas ketidakmampuannya dalam perang Rusia di Ukraina.

Pemberontakan tersebut, yang disebut Prigozhin sebagai 'March of Justice' atau  “Pawai Keadilan,”.

Pemberontakan ini dinilai sebagai tantangan paling serius terhadap pemerintahan Vladimir Putin sejak ia berkuasa pada tahun 1999.

Kesepuluh orang di dalam pesawat—tujuh penumpang dan tiga awak—meninggal dalam insiden tersebut, kata kementerian darurat Rusia.

Penyebab kecelakaan itu belum jelas.

Badan Transportasi Udara Federal Rusia mengatakan Prigozhin ada dalam daftar penumpang.

Saluran Telegram yang terhubung dengan Wagner, Gray Zone, melaporkan bahwa Prigozhin terbunuh, tetapi kematiannya belum dikonfirmasi secara resmi.

Kremlin belum mengomentari laporan kematian Prigozhin.

Orang-orang memberi penghormatan kepada Yevgeny Prigozhin di peringatan darurat di depan "PMC Wagner Center" di Saint Petersburg, pada awal 24 Agustus 2023. Kantor berita milik pemerintah Rusia pada 23 Agustus 2023 melaporkan bahwa Yevgeny Prigozhin, kepala lembaga tersebut Kelompok Wagner yang memimpin pemberontakan melawan tentara Rusia pada bulan Juni, termasuk dalam daftar penumpang pesawat yang jatuh di dekat desa Kuzhenkino di Wilayah Tver. (Photo by STRINGER / AFP) (AFP/STRINGER)

Bersumpah Balas Dendam ke Putin dan Serbu Moskow, March of Justice Jilid II

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini