News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Kim Jong Un Pulang, AS Ragu Rusia-Korea Utara Tak Tandatangani Perjanjian Senjata

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: bunga pradipta p
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dalam foto selebaran yang diambil dan dirilis oleh Pemerintah wilayah Primorsky pada 17 September 2023, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melambai sebelum naik kereta api saat upacara perpisahan di akhir kunjungannya ke Rusia di stasiun kereta Artyom dekat Vladivostok , di wilayah Primorsky.

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) tidak mempercayai pernyataan Rusia dan Korea Utara tentang tidak adanya perjanjian mengenai pasokan senjata setelah Kim Jong Un pulang dari Rusia.

AS memperingatkan mereka akan menganggap langkah-langkah ke arah ini sebagai pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sehingga AS akan bertindak sesuai dengan itu.

Hal ini diungkapkan oleh koordinator Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, saat konferensi pers di New York, lapor koresponden Ukrinform, Selasa (19/9/2023).

“Kami melihat komentar setelah pertemuan dengan Kim Jong-un, komentar dari Kremlin bahwa perjanjian tersebut tidak diumumkan. Kami akan menanggapinya dengan hati-hati dan mengawasinya," kata John Kirby.

John Kirby meyakinkan, AS pasti akan terus melakukan pembicaraan dengan negara-negara mitra di PBB tentang bagaimana bersama-sama membawa Rusia dan Korea Utara ke pengadilan jika mereka bergerak ke arah tersebut.

Baca juga: Setelah Kim Jong Un, Diplomat Top China Wang Yi Bakal Kunjungi Rusia, Bahas soal Keamanan

Seperti diberitakan Ukrinform, Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, berencana mengangkat isu kerja sama militer antara DPRK dan Rusia di Majelis Umum PBB.

Ia menekankan interaksi kedua negara itu ilegal karena bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kim Jong Un Dapat Hadiah Senjata dari Rusia

Dalam foto kumpulan yang didistribusikan oleh agen Sputnik, Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) mengunjungi Kosmodrom Vostochny di wilayah Amur pada 13 September 2023. (Vladimir SMIRNOV / KOLAM RENANG / AFP)

Baca juga: Selain Bertukar Senapan dengan Vladimir Putin, Kim Jong Un Terima Hadiah Drone dari Pejabat Rusia

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, melakukan kunjungan ke Rusia selama enam hari pada tanggal 12-17 September 2023.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan rombongan penyambutan untuk menyambut Kim Jong Un saat keretanya meluncur ke jalur pangkalan luar angkasa.

Kim Jong Un menghabiskan beberapa hari mengunjungi galangan kapal, pabrik pesawat terbang, dan lokasi militer lainnya di Rusia, dikutip dari CNN Internasional.

Ia meninggalkan Rusia pada Minggu (17/9/2023) melalui stasiun kereta di stasiun Artyom-Primorsky-1 dan dikabarkan tiba di Korea Utara pada Selasa (19/9/2023).

Dalam cuplikan video yang diambil dari cuplikan selebaran yang dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Rusia pada 17 September 2023, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) melambai sebelum naik kereta api saat upacara perpisahan di akhir kunjungannya ke Rusia di stasiun kereta Artyom dekat Vladivostok, di wilayah Primorsky. (Selebaran / Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Rusia / AFP)

Baca juga: Pulang, Kim Jong Un Diberi Rusia Pelindung Anti-Peluru Buat Selangkangan Plus Drone Kamikaze

Kim Jong Un menerima rompi antipeluru dan drone sebagai hadiah perpisahan saat ia menyelesaikan perjalanan ke Rusia, dikutip dari TASS.

Pemimpin Korea Utara itu menerima lima drone kamikaze dan sebuah drone pengintai 'Geran-25' dengan lepas landas vertikal.

Saat dia pergi, gubernur wilayah Primorye di Rusia timur jauh memberinya rompi antipeluru dan satu set drone.

Rompi itu adalah pelindung tubuh dengan zona perlindungan untuk dada, bahu, tenggorokan, dan selangkangan, dan jauh lebih ringan dibandingkan pelindung tubuh lainnya.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini