News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Ada Pembicaraan Rahasia Antara Pemimpin Hamas dan Gerakan Fatah Mengenai Masa Depan Gaza

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tahanan Palestina (mengenakan jumper abu-abu) bersorak setelah dibebaskan dari fasilitas militer Ofer Israel di Baytunia dekat kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki dengan imbalan sandera yang dibebaskan oleh Hamas di Gaza, pada 24 November 2023. Setelah 48 hari baku tembak dan pemboman yang merenggut ribuan nyawa, sandera pertama yang dibebaskan berdasarkan kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas diserahkan pada tanggal 24 November, kata kedua belah pihak, hampir tujuh minggu setelah mereka ditangkap.

Ada Pembicaraan Rahasia Antara Hamas dan Fatah Mengenai Masa Depan Gaza 

TRIBUNNEWS.COM- Sebuah laporan menyatakan ada Pembicaraan rahasia antara Hamas dan Fatah membahas mengenai masa depan Gaza.

American Wall Street Journal mengatakan pada hari Rabu bahwa para pemimpin Hamas telah mengadakan pembicaraan rahasia dengan gerakan Fatah selama beberapa hari mengenai pemerintahan Gaza setelah berakhirnya perang dengan Israel.

Surat kabar tersebut menjelaskan bahwa pembicaraan ini merupakan tanda paling jelas bahwa faksi politik Hamas telah mulai merencanakan apa yang akan terjadi setelah konflik berakhir.

Hossam Badran, anggota biro politik Hamas, mengatakan kepada Wall Street Journal:

“Kami tidak berperang hanya karena kami ingin berperang.”

Dia menambahkan: "Kami bukan pendukung permainan zero-sum. Kami ingin perang berakhir. Kami ingin mendirikan negara Palestina di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem."

Baca juga: Israel Ajukan Kesepakatan Gencatan Senjata Sepekan, Hamas Serukan Hentikan Perang

Surat kabar Amerika tersebut, mengutip orang-orang yang akrab dengan diskusi tersebut dan seorang pejabat Israel, mengungkapkan bahwa pembicaraan pimpinan politik Hamas dengan Fatah, faksi dominan di Otoritas Palestina di Tepi Barat, menciptakan ketegangan dengan pemimpin gerakan tersebut di Gaza, Yahya Sinwar.

Dia menambahkan bahwa Sinwar tidak ingin Hamas terus memerintah Gaza, dan menganggap terlalu dini untuk mencapai penyelesaian.

“Para pemimpin politik senior Hamas, termasuk Ismail Haniyeh dan Khaled Meshal, terlibat langsung dalam diskusi tersebut, yang di pihak Fatah termasuk Hussein al-Sheikh, orang kedua di Organisasi Pembebasan Palestina,” kata orang-orang yang mengetahui pembicaraan tersebut.

Baca juga: Pemimpin Hamas Tiba di Mesir untuk Bahas Gencatan Senjata di Gaza

Baca juga: Israel Tawarkan Gencatan Senjata Seminggu ke Hamas, tapi 40 Sandera Harus Dibebaskan

Pembicaraan ini terjadi ketika Amerika Serikat menekan para pemimpin Israel dan Palestina untuk mulai memikirkan apa yang akan terjadi setelah berakhirnya konflik di Gaza.

Di antara opsi yang sedang dipelajari adalah pembentukan pasukan penjaga perdamaian multinasional, yang ditolak oleh Hamas dan Otoritas Palestina.

Pilihan lainnya, menurut Wall Street Journal, adalah mengaktifkan kembali Otoritas Palestina dan pasukan keamanan swastanya.

(Sumber: Sky News Arabia, Wall Street Journal)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini