News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

UEA Merekrut Al-Qaeda dan Tentara Bayaran AS untuk Beroperasi di Yaman, Laporan Investigasi BBC

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Konvoi penguatan Pasukan Sabuk Keamanan Yaman yang didominasi oleh anggota Dewan Transisi Selatan (STC) yang mengupayakan kemerdekaan bagi Yaman selatan, berangkat dari kota selatan Aden ke provinsi Abyan pada 26 November 2019.

UEA Merekrut Al-Qaeda dan Tentara Bayaran AS untuk Beroperasi di Yaman, Laporan Investigasi BBC

TRIBUNNEWS.COM- Uni Emirates Arab (UEA) merekrut Al-Qaeda dan tentara bayaran AS untuk beroperasi di Yaman sebuah Laporan menyebutkan.

Tentara bayaran tersebut disewa untuk melakukan pembunuhan politik di seluruh Yaman atas nama UEA.

Investigasi BBC yang dirilis pada 22 Januari mengungkapkan bahwa UEA menyewa militan Al-Qaeda untuk berperang demi Dewan Transisi Selatan (STC), pemerintah yang didukung Uni Emirat Arab dalam perang yang terjadi di Yaman.

Seorang pelapor yang dikutip dalam penyelidikan memberikan kepada BBC sebuah dokumen yang berisi 11 nama mantan anggota Al-Qaeda yang sekarang bekerja di STC, di antaranya adalah mantan petinggi kelompok ekstremis tersebut.

Nasser al-Shiba, mantan anggota senior Al-Qaeda, kini menjadi komandan unit bersenjata STC, kata beberapa sumber kepada BBC.

Para militan ini disewa untuk melakukan pembunuhan politik di seluruh Yaman atas perintah Abu Dhabi, menurut penyelidikan.

Baca juga: Tentara Bayaran UEA akan Merecoki Houthi Agar AS Lakukan Militerisasi Laut Merah, Kata Ansarallah

BBC juga menunjuk pada kelompok bayangan tentara bayaran AS, yang dikenal sebagai Spear Operations Group, yang disewa oleh UEA untuk melakukan pembunuhan.

Isaac Gilmore, mantan anggota angkatan laut AS yang kemudian menjadi chief operating officer Spear, adalah salah satu dari beberapa orang Amerika yang mengatakan bahwa mereka disewa untuk melakukan pembunuhan di Yaman oleh UEA.

“Dia menolak untuk berbicara tentang siapa pun yang ada dalam daftar pembunuhan yang diberikan kepada Spear oleh UEA – selain target misi pertama mereka: Ansaf Mayo, seorang anggota parlemen Yaman yang merupakan pemimpin Islah di kota pelabuhan selatan Aden. .”

Kelompok tentara bayaran yang didukung Saudi dan UEA telah merajalela di Yaman sejak dimulainya perang di negara tersebut sembilan tahun lalu. Selain pembunuhan, tentara bayaran ini juga terlibat dalam sejumlah kejahatan, termasuk penjarahan dan perdagangan ilegal warisan budaya Yaman.

Beberapa bangunan kuno dan museum telah dijarah dan dilucuti artefak berharganya oleh kelompok tentara bayaran yang didukung UEA di Yaman. Ada juga laporan mengenai gadis-gadis di bawah umur yang diperkosa oleh militan dari kelompok-kelompok tersebut.

Ini bukan pertama kalinya kelompok bersenjata yang didukung UEA di Yaman dituduh bekerja atau berkoordinasi dengan Al-Qaeda dan ISIS.

Menurut dokumen yang diperoleh media Yaman Al-Masirah pada Februari tahun lalu, militan Takfiri yang berafiliasi dengan kelompok tentara bayaran yang didukung UEA, Brigade Raksasa, menjarah sejumlah besar minyak dari cadangan minyak di provinsi Shabwah yang kaya energi, di selatan Yaman. negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini