News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Pasukan Demokratik Suriah SDF Umumkan 7 Anggotanya Tewas dan 18 Terluka Efek Serangan Drone

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tentara Amerika Serikat di wilayah Suriah. Sebuah laporan Anadolu menyebut, pangkalan militer AS di Suriah di provinsi Deir ez-Zor, Suriah, diserang pesawat tak berawak dari kelompok yang didukung Iran, kata sumber lokal pada Senin (5/2/2024).

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) Umumkan 7 Anggotanya Tewas dan 18 Terluka Efek Serangan Drone

TRIBUNNEWS.COM- Banyak kematian setelah serangan pesawat tak berawak di ladang minyak Suriah yang diduduki Amerika Serikat.

Anggota milisi Kurdi yang didukung AS tewas dalam serangan yang berasal dari wilayah yang dikuasai pemerintah di Deir Ezzor.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mengumumkan pada tanggal 5 Februari bahwa tujuh anggotanya tewas dan 18 lainnya terluka di provinsi Deir Ezzor Suriah akibat serangan pesawat tak berawak yang menghantam akademi pelatihan di ladang minyak Al-Omar yang diduduki AS.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris, serangan pesawat tak berawak tersebut menandai respon pertama yang dilakukan kelompok perlawanan lokal terhadap tentara pendudukan AS menyusul serangan udara mematikan yang melanda Irak dan Suriah pada akhir pekan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Senin, SDF menegaskan “haknya untuk memberikan tanggapan militer yang sesuai terhadap sumber serangan.”

Kelompok payung Perlawanan Islam di Irak (IRI) mengaku bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak semalam, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa operasi lanjutan tersebut dilakukan “sebagai tanggapan atas pembantaian yang dilakukan oleh [Israel] terhadap warga sipil Palestina.”

Baca juga: Balas Kematian 12 Tentara, Turki Bombardir Timur Suriah: Militer Kurdi SDF Proksi AS Murka

Selama setahun terakhir, proksi Kurdi di Washington terus-menerus diserang oleh IRI, tentara Turki, dan suku-suku Arab setempat yang melancarkan pemberontakan melawan otoritas SDF di timur laut Suriah.

Pekan lalu, serangan yang dilakukan oleh suku lokal terhadap posisi SDF di Deir Ezzor menyebabkan sedikitnya delapan orang tewas. Bentrokan kekerasan juga terjadi baru-baru ini antara militan Tentara Nasional yang didukung Turki dan SDF, menyusul upaya penyusupan oleh SDF ke desa Jalbal dan Kemar di pedesaan utara Aleppo.

SDF membantu Washington mempertahankan kendali atas hampir 30 persen wilayah Suriah dan merupakan mitra integral dalam penjarahan sumber daya alam negara tersebut.

Milisi Kurdi bermitra dengan tentara AS pada tahun 2017 untuk menguasai wilayah Deir Ezzor di sebelah timur Sungai Efrat selama perlombaan melawan Damaskus dan sekutu Rusia dan Iran untuk mengalahkan ISIS dan menguasai wilayah penghasil minyak dan gandum utama Suriah.

SDF juga mengendalikan setidaknya 20 penjara darurat untuk sekitar 10.000 militan ISIS, yang sebelumnya digambarkan oleh para pejabat AS sebagai “tentara yang menunggu” ISIS dan “generasi penerusnya.”

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini