News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Hampir 1.000 Serdadu Ukraina Hilang Dalam Tugas Saat Kekalahan di Avdiivka

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tentara Ukraina yang ditarik mundur dari medan perang Avdiivka. Kota itu jatuh ke tangan Rusia setelah pertempuran selama empat bulan

TRIBUNNEWS.COM -- Jatuhnya Kota Avdiivka menjadi kekalahan besar bagi Ukraina.

Kota yang dianggap strategis, karena jadi salah satu benteng pertahanan terkuat di wilayah Donbass, Ukraina timur, akhirnya dicaplok juga oleh Rusia.

Selain itu, para pejabat Barat memperkirakan hampir 1.000 tentara Ukraina dinyatakan hilang dalam tugas.

Baca juga: Janda Pembangkang Kremlin Alexei Navalny Akhirnya Muncul, Siap Pimpin Gerakan Pro Demokrasi Rusia

The New York Times memberitakan bahwa pejabat Barat memperkirakan jumlah tentara Ukraina yang telah hilang antara 850 hingga 1.000 personel.

"Mereka itu hilang atau tertangkap oleh pasukan Rusia," demikian pernyataan tentara yang dikutip media asal AS tersebut.

Jumlah itu dianggap akurat mengingat penarikan mundur tentara Ukraina dari peperangan dianggap sangat terlambat.

Avdiivka meski adalah sebuah kota kecil, akan tetapi dianggap strategis secara militer dan menjadi salah satu pusat penyerangan ke sejumlah perbatasan di Rusia.

Dengan mundurnya Ukraina dari kota itu, oleh Rusia dianggap sebagai kerugian simbolis dan pukulan telak bagi Ukraina yang terus melemah.

Avdiivka telah menjadi pusat pertarungan yang emosional. Namun menurut New York Times, AS mengatakan bahwa hal itu bukanlah kemunduran strategis yang signifikan.

Baca juga: Pilot Pengkhianat yang Bajak Helikopter Rusia Tewas Ditembak di Spanyol

Video yang belum diverifikasi dan diunggah ke media sosial juga menunjukkan pasukan Rusia mengeksekusi pasukan Ukraina di dalam dan sekitar kota.

Hal ini semakin menjatuhkan mental para pejuang Ukraina. Padahal negara itu sedang membutuhkan lebih banyak pasukan dan tidak bisa kehilangan pejuang berpengalaman.

Ukraina berencana memobilisasi 500.000 warganya jadi tentara, namun upaya initelah menemui hambatan politik dan terhenti di Parlemen.

Penangkapan ratusan tentara dapat mempersulit upaya perekrutan, dan para pejabat militer berusaha meremehkan jumlah dan signifikansi tentara yang hilang tersebut.

Ditinggal dalam Keadaan Terluka

Sementara itu diberitakan sebelumnya, Ukraina banyak meninggalkan para tentaranya yang terluka saat peperangan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini