News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Perang Rusia-Ukraina Diyakini Terjadi Berkepanjangan, Turkiye: 'Tak Ada Dasar Damai Tahun Ini'

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tentara Ukraina berdiri di posisinya di wilayah Donetsk, pada 10 Desember 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

TRIBUNNEWS.COM -- Peperangan Rusia-Ukraina yang tadinya perang murni dua negara kini menjadi perang 'gesekan' banyak negara melawan Rusia.

Karenanya, akan sangat sulit untuk menyelesaikannya dalam waktu singkat, apalagi tahun ini.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Türkiye Hakan Fidan. Ia bahkan memprediksi peperangan akan semakin meningkat.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-755, Vladimir Putin Sanjung Krimea: Kebanggaan Rusia Telah Kembali

Dalam sebuah wawancara dengan CNN Turk pada hari Senin, Fidan mengklaim bahwa permusuhan antara Moskow dan Kiev telah “berubah menjadi perang gesekan,” yang menurutnya merupakan masalah serius yang sangat memprihatinkan bagi Türkiye.

“Secara strategis, kami prihatin dengan perluasan [konflik] ke wilayah tersebut,” kata Fidan.

Ia menambahkan bahwa proses ini “dimulai dengan bahasa dan kemudian berubah menjadi tindakan.” Eropa, ia memperingatkan, “harus lebih khawatir terhadap situasi di Ukraina dibandingkan kita.”

Mengomentari prospek adanya perjanjian perdamaian, menteri tersebut mengatakan, “tidak ada dasar untuk mengharapkan perkembangan masalah ini pada tahun 2024. Kami tidak melihat hal ini terjadi dalam waktu dekat.”

Russia Today memberitakan, bahwa Türkiye memiliki beberapa inisiatif untuk mengakhiri konflik dan merupakan salah satu dari sedikit negara yang menyerukan perdamaian di NATO, UE, dan platform internasional lainnya.

Menurut Fidan, Ankara berada pada posisi yang tepat untuk menerapkan kebijakan ini karena memiliki hubungan baik dengan kedua pihak yang bertikai.

Sejak dimulainya konflik Ukraina pada Februari 2022, Türkiye telah berulang kali mendesak Moskow dan Kiev untuk menghentikan permusuhan, dan menyediakan tempat untuk perundingan damai pada tahun tersebut.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-753, Drone Kyiv Jatuhkan Bahan Peledak di TPS Wilayah Zaporizhzhia

Meskipun perundingan – yang berkisar pada isu netralitas Ukraina – pada awalnya mengalami kemajuan, Kiev kemudian meninggalkannya. Moskow mengklaim bahwa perundingan tersebut digagalkan oleh Perdana Menteri Inggris saat itu Boris Johnson, yang menyarankan Ukraina untuk terus berperang, sebuah klaim yang dibantah oleh Johnson.

Pada hari Jumat, Fidan juga menegaskan bahwa ini adalah “waktunya untuk memisahkan masalah kedaulatan [Ukraina] dari gencatan senjata” untuk menghentikan konflik, menekankan bahwa ini tidak berarti bahwa Kiev akan mengakui keuntungan teritorial Rusia.

Sementara lembaga asal Barat, Institut Studi Perang (ISW) menyatakan bahwa kemenangan Presiden Vladimir Putin dalam Pilpres Rusia akan digunakan sebagai prasyarat untuk perang berkepanjangan di Ukraina.

Dilaporkan oleh Ukrainska Pravda, para analis ISW menyebut bahwa Putin sedang mencoba menggunakan rekor jumlah pemilih yang diklaim dan dukungannya terhadap pencalonannya untuk menciptakan prasyarat informasi bagi perang yang berkepanjangan di Ukraina.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini