News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Tetap Ingin Perang, Tolak Permintaan Hamas untuk Berikan Jaminan Gencatan Senjata Tertulis

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tentara Israel (IDF) di satuan Brigade Givati ​​berdiri di atas sebuah tank di Rafah timur di Jalur Gaza selatan, dalam gambar selebaran yang dirilis pada 10 Mei 2024.

Israel Tetap Ingin Perang, Tolak Permintaan Hamas untuk Berikan Jaminan Gencatan Senjata Tertulis

TRIBUNNEWS.COM- Israel menolak permintaan Hamas untuk memberikan jaminan gencatan senjata secara tertulis.

Tel Aviv tetap bersikeras pada pilihan untuk melanjutkan perang jika perundingan gencatan senjata tidak berjalan sesuai keinginan.

Israel tidak akan menerima permintaan jaminan tertulis Hamas mengenai negosiasi tahap kedua dari usulan kesepakatan gencatan senjata dan perjanjian pertukaran tahanan di Gaza.

Kelompok perlawanan Palestina menuntut agar penghentian permusuhan yang dijabarkan dalam fase pertama proposal tersebut terus berlanjut selama perundingan di fase kedua.

Namun, Israel bersikeras pada opsi untuk melanjutkan perang jika negosiasi gagal.

Selama kunjungan David Barnea ke ibu kota Qatar, Doha, pekan lalu, pimpinan Mossad menyampaikan pesan kepada mediator bahwa Israel “tidak menerima permintaan Hamas untuk membuat komitmen tertulis mengenai negosiasi tahap kedua perjanjian tersebut,” Axios melaporkan pada 6 Juli, mengutip pejabat Israel.

Persoalan utama berkisar pada Pasal 8 dan 14 proposal tersebut. Pasal 8 proposal tersebut mengacu pada pembicaraan antara Israel dan Hamas yang akan diadakan selama fase pertama dan akan berlangsung selama enam minggu sejak perjanjian tersebut, sedangkan Pasal 14 mengacu pada transisi antara fase pertama dan fase kedua.

Proposal tersebut dilaporkan diperbarui baru-baru ini dengan “bahasa baru” oleh kepala CIA William Burns dan pejabat lainnya, media Lebanon melaporkan pada 4 Juli. Hamas mempresentasikan usulan amandemen rencana tersebut pada 3 Juli.

Proposal tersebut menyerukan untuk “melakukan segala upaya” untuk memastikan negosiasi berakhir dengan kesepakatan. Tanggapan Hamas menyerukan agar frasa “berusaha semaksimal mungkin” diganti dengan kata “memastikan.”

“Sebenarnya, Hamas ingin memastikan bahwa mereka tidak menyerahkan banyak sandera hanya agar Israel dapat memulai kembali perang,” kata seorang pejabat kepada New York Times (NYT) pada tanggal 6 Juli.

Pejabat lain mengonfirmasi kepada NYT bahwa Israel telah menolak permintaan Hamas. “Israel menginginkan opsi untuk melanjutkan pertempuran jika dianggap perlu. Tanpa pengaruh seperti itu, Hamas mungkin akan berlarut-larut dan secara efektif mencapai gencatan senjata permanen yang tidak diumumkan.”

Ada permasalahan lain yang belum terselesaikan selain Pasal 8 dan 14 proposal tersebut.

Sebagai tanggapannya, Hamas menolak veto Israel atas pembebasan warga Palestina dengan hukuman seumur hidup sebagai bagian dari pertukaran, sebuah sumber mengatakan kepada Al-Mayadeen pada 4 Juli. Sumber itu juga mengatakan Hamas bersikeras agar Israel mundur dari perbatasan Rafah dan Koridor Philadelphi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini