News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Jet Tempur Rusia Berhasil Cegat Pesawat Pembom AS Dekati Perbatasan Rusia

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat MiG-29 s

TRIBUNNEWS.COM, RUSIA - Dua  jet tempur Rusia jenis MiG-29 dan MiG-31 dikerahkan untuk mencegah dua pesawat pengebom strategis B-52N milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang melanggar  perbatasan negara Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam laporannya pada Minggu (21/7/2024) menjelaskan pesawat pembom AS itu berhasil dihalai mendekati perbatasan Rusia.

"Pada tanggal 21 Juli, sarana kendali wilayah udara Rusia di Laut Barents mendeteksi sekelompok target udara yang mendekati perbatasan negara Rusia. Untuk mengidentifikasi target udara dan mencegah pelanggaran perbatasan negara Rusia, jet tempur MiG-29 dan MiG-31 diterbangkan ke udara. Awak jet tempur Rusia mengidentifikasi target udara tersebut sebagai dua pesawat pengebom strategis B-52N milik Angkatan Udara AS," kata kementerian tersebut.

Kementerian Pertahanan menambahkan bahwa ketika jet tempur Rusia mendekat, pesawat pembom strategis AS berbalik menjauh dari perbatasan negara Rusia.

"Pesawat Rusia kembali dengan selamat ke pangkalan udara asal mereka, pelanggaran perbatasan negara Rusia dapat dicegah," tambah Kementerian Pertahanan.

Kementerian menekankan bahwa penerbangan pesawat Rusia dilakukan dengan mematuhi secara ketat aturan internasional tentang penggunaan wilayah udara di atas perairan netral sesuai dengan langkah-langkah keselamatan.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-879: Rusia Gunakan Tiga Rudal Iskander untuk Serang Kharkiv Timur

Tembak Jatuh Rudal Ukraina

Sementara itu dilaporkan pula sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh dua rudal ATACMS yang diluncurkan oleh Angkatan Bersenjata Ukraina ke arah Krimea, kata gubernur wilayah Kherson Vladimir Saldo di saluran Telegramnya.

"Pagi tadi, pertahanan udara Rusia menembak jatuh dua rudal ATACMS berpresisi tinggi di langit di atas wilayah Kherson. Musuh mencoba menyerang Krimea. Pecahan peluru jatuh jauh dari daerah berpenduduk," katanya.

Tidak ada korban jiwa atau cedera dan tidak ada kerusakan pada infrastruktur.

Sumber: TASS

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini