News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Jubir Houthi: Serangan Israel di Hodeidah Adalah Agresi Brutal yang Perdalam Penderitaan Rakyat

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Juru bicara Houthi, Mohammed Abdulsalam menyebut serangan Israel terhadap depot BBM di Hodeidah sebagai agresi brutal yang bertujuan memperdalam penderitaan rakyat.

TRIBUNNEWS.COM - Juru bicara Houthi, Mohammed Abdulsalam, menyebut serangan Israel terhadap depot BBM di Hodeidah sebagai agresi brutal yang bertujuan memperdalam penderitaan rakyat.

"Serangan udara Israel terhadap tangki minyak dan fasilitas pembangkit listrik pelabuhan Hodeidah adalah agresi brutal Israel terhadap Yaman, yang bertujuan memperdalam penderitaan rakyat," kata Abdulsalam, dikutip dari Al Jazeera.

Ia menekankan serangan Israel itu bertujuan agar Yaman berhenti mendukung Gaza, dalam perangnya melawan Israel yang sudah berlangsung sejak 7 Oktober 2023 kemarin.

"Agresi brutal Israel terhadap Yaman bertujuan untuk menekan Yaman agar berhenti mendukung Gaza, yang merupakan mimpi yang tidak akan menjadi kenyataan," ucapnya.

Dewan Politik Tertinggi Houthi berjanji akan menanggapi serangan hari Sabtu.

"Agresi ini tidak akan berlalu tanpa tanggapan yang efektif terhadap musuh," katanya dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, juru bicara militer Houthi, Brigadir Jenderal Yahya Saree, menambahkan bahwa kelompok itu tidak akan ragu menyerang “target vital” di Israel.

Israel mengatakan serangan terhadap kota pelabuhan Hodeidah di Yaman merupakan respons terhadap serangan Houthi.

Eskalasi ini terjadi hanya selang sehari setelah kelompok militan Yaman yang didukung Iran itu mengaku bertanggung jawab atas serangan pesawat nirawak di Tel Aviv, yang menewaskan satu orang dan melukai 10 orang lainnya, New York Times melaporkan, 

Ini adalah pertama kalinya Israel menyerang Houthi secara terbuka setelah berbulan-bulan serangan Houthi meningkat, sebagai bentuk solidaritas untuk Gaza.

Kementerian Kesehatan, yang beroperasi di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi, mengatakan tiga orang tewas dan 87 orang terluka.

Baca juga: PM Netanyahu: Serangan Depot BBM Yaman Bentuk Balas Dendam Israel ke Houthi

Banyak di antaranya mengalami luka bakar serius akibat serangan Israel pada Sabtu (20/7/2024).

TV Al Masirah yang berafiliasi dengan Houthi mengatakan serangan Israel tersebut menargetkan fasilitas penyimpanan minyak dan pembangkit listrik di Hodeidah, yang memicu kebakaran.

Militer Israel mengatakan serangan itu menyerang “target militer” di Yaman.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini