News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Topan Gaemi Hantam Taiwan, Layanan Kereta Cepat dan Pesawat Alami Gangguan

Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi topan. Taiwan diprediksi akan dihantam topan dengan kekuatan dahsyat, Rabu (24/7/2024) sore.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Wilhelmina Fitriani

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI - Taiwan diprediksi akan dihantam topan dengan kekuatan dahsyat, Rabu (24/7/2024).

Topan tersebut mengganggu latihan militer yang sedang berlangsung dan mendorong pihak berwenang untuk menutup pasar keuangan, sekolah, dan kantor.

Kondisi di Taiwan memburuk karena Topan Gaemi membawa hujan lebat, angin kencang, dan gelombang badai yang berbahaya.


Badai tersebut diperkirakan akan menguat menjadi topan dahsyat sebelum menghantam pantai timur laut Taiwan pada Rabu (24/7/2024) sore.

Badai tersebut kemudian diramalkan akan bergerak menuju provinsi Fujian di China pada Kamis (25/7/2024) membawa angin kencang dan hujan lebat ke negara yang telah dilanda hujan ekstrem dan banjir mematikan selama berminggu-minggu .

Menurut Pusat Peringatan Topan Gabungan (JTWC) Topan Gaemi saat ini setara dengan badai Kategori 4 di Atlantik dengan kecepatan angin maksimum 230 kpj (145 mph).

Baca juga: Topan Remal Hantam Bangladesh-India, 16 Orang Tewas, Ribuan Rumah Hancur

Badai itu akan menghantam sepanjang pantai daerah Yilan, tidak jauh dari episentrum gempa bumi bulan April lalu di Hualien.

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter itu merupakan gempa terbesar yang pernah terjadi di Taiwan dalam 25 tahun terakhir, melukai lebih dari 1.000 orang dan meruntuhkan bangunan.

Taiwan sering dilanda topan dan memiliki rekam jejak yang baik dalam menghadapi angin kencang dan hujan lebat yang dapat ditimbulkannya, terutama di kota-kotanya.

Populasi yang lebih berisiko cenderung berada di daerah terpencil dan pegunungan, terutama di sisi timur pulau, tempat tanah longsor dapat menimbulkan bahaya besar.

Badan Meteorologi Pusat Taiwan (CMA) telah mengeluarkan peringatan topan laut dan darat untuk seluruh pulau utama karena angin kencang Gaemi diperkirakan akan menguat hingga 240 kpj (150 mph).

Baca juga: Topan Haikui Hantam Taiwan: 3 Ribu Warga Terpaksa Diungsikan, Puluhan Maskapai Tunda Penerbangan

Hujan deras juga melanda Taiwan menjelang kedatangan badai pada hari Rabu, dengan daerah pegunungan di pulau itu telah melaporkan curah hujan antara 275 hingga 518 mm (10,8 hingga 20,3 inci).

Topan Gaemi juga menguat di perairan Pasifik yang suhunya mencapai titik terhangat yang pernah tercatat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini