News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bangladesh Rusuh

Sheikh Hasina Sudah Tiba di India usai Mundur dari PM Bangladesh, Bakal Lanjut Terbang ke London

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri (PM) Bangladesh, Sheikh Hasina. Kini, dia sudah memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM Bangladesh setelah gelombang unjuk rasa terjadi di negara yang dipimpinnya tersebut. Saat ini, Sheikh Hasina berencana melanjutkan perjalanannya untuk terbang ke London usai mundur sebagai PM Bangladesh hari ini.

TRIBUNNEWS.COM - Sheikh Hasina sudah tiba di Kota Ghaziabad yang berada di utara India setelah menyatakan mundur sebagai Perdana Menteri (PM) Bangladesh pada Senin (5/8/2024).

Dikutip dari Hindustan Times, Sheikh Hasina telah mendarat di Pangkalan Udara Hindon di Ghaziabad dengan menumpangi pesawat angkut bertipe C-130.

Adapun pesawat itu terpantau diparkir di dekat hanggar milik Angkatan Udara India.

Berdasarkan laporan, pergerakan pesawat yang mengangkut Hasina itu sudah dipantau oleh Angkatan Udara India sejak memasuki wilayah negara tersebut hingga mendarat di Pangkalan Udara Hindon.

Sementara, menurut sumber diplomatik yang dikutip dari India Today, Hasina bakal lanjut terbang ke London setelah tinggal di India.

Namun, belum diketahui pesawat yang bakal mengangkut Hasina untuk terbang ke London.

Lalu, menurut laporan internal pemerintahan India, Sheikh Hasina disambut oleh seorang perwira senior dari Angkatan Udara.

Adapun India memutuskan untuk memberikan jalur yang aman bagi penerbangan Hasina usai dirinya mundur sebagai PM Bangladesh.

Kendati demikian, pemerintah India masih belum bereaksi terkait perkembangan yang terjadi di ibu kota Bangladesh, Dhaka.

Baca juga: Militer Bangladesh Manfaatkan Kerusuhan, Paksa Hasina Mundur Sebagai Perdana Menteri dalam 45 Menit

Sebelumnya, kabar mundurnya Sheikh Hasina sebagai PM Bangladesh disampaikan oleh Kepala Angkatan Darat, Jenderal Waqar Uz Zaman.

Dia juga menuturkan militer bakal mengambil alih secara interim pemerintahan di Bangladesh.

Mundurnya Sheikh Hasina ini buntuh masifnya protes dan aksi kekerasan setelah unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa sejak dua bulan lalu.

Unjuk rasa itu buntut adanya sistem kuota di sektor pemerintahan yang meningkat.

Akibat unjuk rasa ini, dilansir CNN, sekitar 250 orang terbunuh dan ribuan lainnya terluka dalam kekerasan tersebut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini