News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

AS Siap Hadapi Ancaman Serangan Nuklir Gabungan China, Rusia, dan Korea Utara, Kata Dokumen Pentagon

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Upacara Pengiriman 250 Peluncur Rudal Nuklir Korea Utara yang dipimpin Kim Jong Un pada Minggu (4/8/2024), malam waktu setempat.

AS Siap Hadapi Ancaman Serangan Nuklir Gabungan China, Rusia, dan Korea Utara, Kata Dokumen Pentagon

TRIBUNNEWS.COM- Amerika Serikat sedang membuat rencana untuk melawan kemungkinan yang semakin besar terjadinya serangan nuklir gabungan China, Rusia, dan Korea Utara, menurut dokumen rahasia Pentagon.

Pada bulan Maret, Joe Biden , presiden AS, secara diam-diam menyetujui perubahan signifikan pada rencana pertahanan nuklir Amerika, The New York Times melaporkan.

Untuk pertama kalinya, langkah tersebut memfokuskan "strategi pencegahan" AS pada perluasan cepat persenjataan nuklir Tiongkok . Langkah tersebut juga bertujuan untuk mengatasi ancaman koordinasi antara Beijing, Moskow, dan Pyongyang, menurut surat kabar AS tersebut.

Pengalihan ini mencerminkan pemahaman yang lebih mendalam tentang ambisi senjata nuklir Presiden Tiongkok Xi Jinping serta pendalaman kemitraan militer dan politik strategis antara Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara.

Oktober lalu, laporan Pentagon mengungkapkan bahwa persediaan senjata nuklir Tiongkok telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir, dalam apa yang digambarkan oleh para pejabat sebagai "ekspansi besar kekuatan nuklir mereka".

Laporan Kekuatan Militer China milik Pentagon memperkirakan bahwa, hingga Mei tahun lalu, Cina memiliki sekitar 500 hulu ledak nuklir operasional, yang akan meningkat menjadi 1.000 pada tahun 2030 dan 1.500 pada tahun 2035, yang hampir sama dengan jumlah yang saat ini digunakan oleh AS dan Rusia.

Seorang pejabat saat itu mengatakan hal ini menempatkan China di jalur yang tepat untuk melampaui proyeksi sebelumnya.

Para ahli pertahanan juga memperingatkan bahwa AS tidak boleh meremehkan langkah strategis Presiden Xi untuk memperoleh kekuatan nuklir yang lebih besar.

“Ketika hubungan AS-Tiongkok memburuk dan Tiongkok memulai pembangunan besar-besaran kekuatan nuklirnya, risiko keamanan meningkat,” tulis Tong Zhao, seorang peneliti senior di Carnegie China Research Centre, dalam sebuah makalah tentang perubahan kebijakan nuklir Tiongkok bulan lalu.

Menurut The New York Times, Gedung Putih tidak mengumumkan secara terbuka strategi revisinya, yang diberi nama Panduan Pekerjaan Nuklir.

Dokumen yang sangat rahasia ini, yang diperbarui setiap empat tahun, hanya ada dalam bentuk kertas di tangan sekelompok kecil pejabat keamanan nasional dan komandan Pentagon. Tidak ada versi elektroniknya.

Namun, peralihan ke arah China disinggung dalam komentar publik yang dikaji secara cermat oleh dua pejabat senior pemerintah, menjelang pemberitahuan Kongres yang lebih rinci dan tidak dirahasiakan.

Pranay Vaddi, direktur senior Dewan Keamanan Nasional untuk pengendalian senjata dan nonproliferasi, mengindikasikan bahwa dokumen tersebut adalah yang pertama kali mengkaji apakah AS siap untuk menanggapi krisis nuklir yang terjadi secara bersamaan atau berurutan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini