News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lima hal yang membedakan Mpox dengan Covid-19

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lima hal yang membedakan Mpox dengan Covid-19

Ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Mpox sebagai darurat kesehatan global untuk kedua kalinya dalam dua tahun, pertanyaan umum di seluruh dunia adalah: apakah ini jenis baru Covid-19?

Para ilmuwan dan pakar kesehatan sepakat bahwa hal ini merupakan kekhawatiran yang sahih, namun mereka mengatakan jawabannya adalah tidak.

“Mpox bukanlah Covid baru. Risikonya terhadap masyarakat umum rendah,” kata Dr Hans Kluge, direktur regional WHO untuk Eropa.

“Kami tahu cara mengendalikan Mpox. Di kawasan Eropa, kami mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk menghilangkan penularannya secara bersama-sama.”

Kedua penyakit ini disebabkan oleh virus, namun gejalanya sangat berbeda dan cara penyebarannya juga berbeda.

“Perbedaannya lebih mencolok dibandingkan persamaannya,” kata Prof Rodney Adam, konsultan spesialis penyakit menular di Rumah Sakit Universitas Aga Khan, Kenya.

Berikut lima perbedaan tersebut.

Mpox bukanlah virus baru

Mpox, yang sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet, telah ada sejak 1958 ketika virus ini pertama kali terdeteksi pada monyet di Denmark.

Kasus pada manusia pertama dilaporkan di Republik Demokratik Kongo pada 1970. Sejak itu terjadi wabah di Afrika Barat dan Tengah.

Pertama kali penyakit ini dinyatakan sebagai darurat kesehatan global adalah pada 2022. Hingga saat ini, penyakit ini telah menyebar ke lebih dari 70 negara.

Sebaliknya, wabah Covid-19 pada 2019 pertama kali terjadi di Wuhan, China, dan dengan cepat menjadi pandemi global, disebabkan oleh virus baru—SARS-CoV2—yang sebelumnya tidak teridentifikasi pada manusia.

Para ilmuwan mengatakan kita sekarang mengetahui lebih banyak tentang mpox dibandingkan tentang Covid-19 ketika penyakit ini menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Mpox tidak menular seperti Covid-19

Meski kedua penyakit tersebut menular melalui kontak dekat, Covid-19 lebih cepat menular karena ditularkan melalui udara.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini