News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Topan Shanshan Kian Mengancam Jepang, Potensi Tanah Longsor dan Banjir Ratusan Km dari Pusat Badai

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Topan Shanshan makin mengancam keselamatan warga Jepang. Badai ini mengakibatkan turunnya hujan lebat di sebagian besar wilayah Jepang pada 30 Agustus 2024. Hal itu disusul munculnya peringatan banjir dan tanah longsor ratusan kilometer dari pusat badai, sementara banyak layanan transportasi terhenti dan pabrik-pabrik tutup.

TRIBUNNEWS.COM, FUKUOKA – Topan Shanshan makin mengancam keselamatan warga Jepang. Badai ini mengakibatkan turunnya hujan lebat di sebagian besar wilayah Jepang pada 30 Agustus 2024.

Hal itu disusul munculnya peringatan akan banjir dan tanah longsor ratusan kilometer dari pusat badai, sementara banyak layanan transportasi terhenti dan pabrik-pabrik tutup.

Badai Shanshan terkuat terjadi di wilayah barat daya Kyushu dan terjadi pada Kamis, 29 Agustus kemarin. Banyak penduduk di kota Fukuoka yang mencari tempat berlindung, jalan-jalan sepi dan banyak toko tutup.

“Lintasan topan ini terus berubah, membuatnya tidak dapat diprediksi, jadi sulit untuk mendapatkan informasi terkini tentang situasi transportasi. Saya berencana untuk kembali pada 31 Agustus, tetapi saya tidak yakin apakah saya bisa datang,” kata Motoki Tanimura, seorang karyawan saat dalam perjalanan kerja di stasiun kereta api utama di Fukuoka.

Topan Shanshan mengakibatkan setidaknya tiga orang telah tewas dan 78 warga terluka, menurut data Badan Penanggulangan Bencana Jepang.

Topan Shanshan memiliki hembusan angin berkecepatan hingga 180 km/jam, cukup kuat untuk menerjang truk yang sedang melaju.

Topan Shanshan mengakibatkan turunnya hujan lebat ke pusat kota Miyazaki, Jepang, pada Rabu pagi, 28 Agustus 2024.

Topan tersebut bergerak di dekat kota pesisir Kunisaki di Prefektur Oita pada pukul 8.45 pagi (7.45 pagi waktu Singapura) dan bergerak ke arah timur laut, menurut pihak berwenang.

Sekitar 125.000 rumah tangga di tujuh prefektur tidak memiliki listrik di Kyushu, menurut Kyushu Electric Power.

Namun, udara hangat dan lembap yang mengalir di sekitar topan tersebut juga membawa hujan lebat di daerah-daerah yang jauh dari pusat topan, yang menurut pihak berwenang mengkhawatirkan mengingat pergerakannya yang lebih lambat dari yang diperkirakan di seluruh negeri.

Pemberitahuan yang menyarankan penduduk untuk bersiap mengungsi telah dikeluarkan kepada jutaan orang di seluruh negeri, terutama di daerah Kyushu yang dilanda badai, tetapi juga sejauh Yokohama, kota terbesar kedua di Jepang yang berdekatan dengan ibu kota Tokyo.

Pihak berwenang Tokyo mengatakan ada risiko tanah longsor karena hujan lebat.

Baca juga: Topan Shanshan Mengamuk, Singapore Airlines Batalkan 4 Penerbangan Singapura-Osaka

Namun, hingga 29 Agustus, hanya sekitar 30.000 orang yang telah dievakuasi, terutama di Kyushu, kata menteri penanggulangan bencana Yoshifumi Matsumura.

Setelah bergerak dari Kyushu, badai tersebut diperkirakan akan mendekati wilayah tengah dan timur, termasuk Tokyo, sekitar akhir pekan, kata badan cuaca.

Toyota Hentikan Pabrik di Seluruh Jepang

Mengantisipasi risiko buruk topan Shanshan ini, Toyota menangguhkan produksi di semua pabriknya di seluruh Jepang. Sementara produsen mobil lain, Nissan dan Honda, serta perusahaan semikonduktor Renesas, Tokyo Electron, dan Rohm, juga menghentikan sementara produksi di beberapa pabrik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini