News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Rishi Sunak Ribut di DPR Gegara Jatah Senjata Israel Berkurang, PM Inggris: Kami Tetap Jadi Sekutu

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rishi Sunak berbicara pada pembukaan London Tech Week di London pusat pada 12 Juni 2023. --- Rishi Sunak protes kepada PM Inggris Keir Starmer di DPR setelah ia menangguhkan 30 izin ekspor senjata ke Israel.

TRIBUNNEWS.COM - Mantan perdana menteri Inggris dan pemimpin oposisi, Rishi Sunak, mengkonfrontasi Perdana Menteri Inggris, Keir Starmer, setelah ia menangguhkan 30 dari 350 izin ekspor senjata ke Israel.

Dalam sesi dengar pendapat di House of Commons (DPR), Keir Starmer dan Menteri Keuangan Inggris, Rachel Reeves, mendengarkan pertanyaan dari Rishi Sunak.

"Dapatkah Perdana Menteri menjelaskan bagaimana keputusannya akan membantu (Israel) mengamankan pembebasan 101 sandera yang masih ditahan oleh Hamas?" tanya Rishi Sunak, Rabu (4/9/2024).

"Itu adalah keputusan yang menurut Kepala Rabbi sangat tidak dapat dipercaya dan akan mendorong munculnya musuh bersama kita," lanjutnya.

Pada gilirannya, Keir Starmer menjawab pertanyaan Rishi Sunak.

“Para sandera yang tersisa harus dibebaskan dan kita memerlukan gencatan senjata untuk memastikan hal itu dapat terjadi, bantuan yang sangat dibutuhkan dapat masuk ke wilayah tersebut, dan kita dapat memulai jalan menuju solusi dua negara," kata Keir Starmer.

“Dia (Rishi Sunak) bertanya bagaimana kami sampai pada keputusan ini – dia (Rishi Sunak) tahu betul, karena kerangka hukumnya jelas – pedoman terbaru dikeluarkan pada tahun 2021, di bawah pemerintahannya," lanjutnya.

"Itu berarti bahwa lisensi harus terus ditinjau, seperti yang dilakukan oleh pemerintahannya," tambahnya, seperti diberitakan Al Arabiya.

Menurutnya, keputusan untuk menangguhkan sebagian kecil ekspor senjata ke Israel adalah langkah berdasarkan hukum.

Meski telah menangguhkan 30 izin ekspor senjata ke Israel, Keir Starmer memastikan Inggris tetap membela Israel dengan alasan mempertahankan diri.

“Tentu saja, kami akan terus mendukung hak Israel untuk membela diri, tetapi penting bahwa kami adalah negara yang berkomitmen pada aturan hukum internasional, yang memberi kami kekuatan argumen dengan sekutu kami tentang isu-isu penting," katanya.

Baca juga: Netanyahu Marah saat Inggris Tangguhkan 30 dari 350 Izin Ekspor Senjata ke Israel

Rishi Sunak kemudian bertanya lagi, apakah Perdana Menteri Inggris, Keir Starmer, telah membahasnya dengan Amerika Serikat (AS) mengenai keputusan penangguhan 30 izin ekspor senjata ke Israel.

“Tentu saja, seperti yang diharapkannya, seperti yang diharapkan DPR, kami telah membicarakan hal ini dengan sekutu kami, mereka paham, mereka memiliki sistem hukum yang berbeda, itulah poin yang mereka sampaikan," jawab Keir Starmer.

Rishi Sunak juga bertanya apakah Keir Starmer dapat meyakinkan Israel dan komunitas Yahudi bahwa Inggris dan DPR mendukung Israel dan haknya untuk membela diri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini