News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Panglima Perang Mesir Sidak ke Perbatasan Gaza Saat Israel Ngotot di Koridor Philadelphia

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Letnan Jenderal Ahmed Khalifa, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Mesir, memeriksa kesiapan seorang personel pasukan Mesir saat melakukan kunjungan mendadak (inspeksi mendadak/Sidak) untuk memeriksa situasi keamanan dan langkah-langkah keamanan di perbatasan dengan Jalur Gaza, Kamis (5/9/2024).

Israel Ngotot Kendalikan Koridor Philadelphia, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Mesir Sidak Perbatasan Gaza

TRIBUNNEWS.COM - Letnan Jenderal Ahmed Khalifa, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Mesir, melakukan kunjungan mendadak (inspeksi mendadak/Sidak) untuk memeriksa situasi keamanan dan langkah-langkah keamanan di perbatasan dengan Jalur Gaza, menurut pernyataan juru bicara militer Mesir pada Kamis (5/9/2024).

Kunjungan yang ditujukan untuk memeriksa langkah-langkah keamanan di sepanjang arah strategis timur laut negara itu, diawali dengan kunjungan inspeksi pasukan yang bertugas mengamankan perlintasan perbatasan Rafah, kata pernyataan itu.

Baca juga: Mesir Beri Sinyal ke Hamas Cs, Gabung Perang Kalau Israel Rebut Kendali Koridor Philadelphia

Selama kunjungan itu, kepala staf militer Mesir menekankan bahwa misi utama Angkatan Bersenjata Mesir adalah menjaga perbatasan negara di semua arah strategis.

“Angkatan bersenjata mampu mempertahankan perbatasan tanah air, dari generasi ke generasi,” katanya dilansir ahram, Kamis (5/9/2024).

Ahmed Khalifa menekankan kepada personel angkatan bersenjata Mesir pentingnya dibekali dengan pengetahuan dan tekad serta menjaga kebugaran fisik yang tinggi untuk melaksanakan semua tugas dengan profesionalisme yang tinggi.

Ia terlibat dalam dialog dengan sejumlah personel militer, mendengarkan pendapat dan pertanyaan mereka tentang berbagai topik, menurut pernyataan itu.

Ahmed Khalifa juga memeriksa kondisi kehidupan dan administrasi personel militer, selain sistem keamanan di sepanjang garis perbatasan timur laut.

Ia juga mendengarkan penjelasan yang merinci pekerjaan dan koordinasi antara semua spesialisasi untuk mencapai kendali penuh atas perbatasan internasional sepanjang waktu, pernyataan itu menunjukkan.

"Letnan Jenderal Ahmed Khalifa juga makan siang dengan pasukan di salah satu titik di garis perbatasan internasional, mengarahkan mereka untuk menyadari tugas yang diberikan, yang bergantung pada kewaspadaan tinggi dan kemampuan untuk menangani semua keadaan darurat," tulis laporan itu.

Garis perbatasan antara Mesir dan Rafah, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Garis ini dikenal sebagai koridor Philadelphia, wilayah yang ngotot dikuasai Israel dan membuat marah negara-negara Arab. (omanobserver)

Alasan Israel Ngotot Pertahankan Kendali Koridor Philadelphia

Sidak Letnan Jenderal Ahmed Khalifa itu terjadi saat Israel ngotot ingin mempertahankan koridor Philadelphia.

Kengototan ini pula yang membuat perundingan terkait gencatan senjata di Gaza kembali terhenti. 

 Koridor atau penyeberangan Gaza dan Mesir itu menjadi titik pertikaian dalam perundingan tersebut.

Padahal, akhir Mei kesepakatan hampir tercapai. Yakni mengenai kesepakatan yang akan melibatkan penarikan pasukan Israel dari Gaza, pembebasan sekitar 90 tawanan yang ditahan di Gaza oleh kelompok Hamas, dan pembebasan ratusan warga Palestina dari penjara Israel.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini