News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Aktivis Aysenur Ezgi Eygi Tewas Ditembak Sniper Israel, Keluarga Tak Percaya Penyelidikan Zionis

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivis keturunan Turki-AS, Aysenur Ezqi Eygi (26) tewas ditembak penembak jitu Israel saat berdemonstrasi menentang permukiman liar warga Zionis di Tepi Barat pada Jumat (6/9/2024). Pihak keluarga meminta penyelidikan independen setelah salah satu aktivis perempuan, Aysenur Ezgi Eygi tewas ditembak sniper Israel.

TRIBUNNEWS.COM - Pihak keluarga meminta penyelidikan independen tentang aktivis keturunan Turki-AS, Aysenur Ezqi Eygi (26), yang tewas ditembak karena ulah Israel di Tepi Barat pada Jumat (6/9/2024) waktu setempat.

Dikutip dari Aljazeera, keluarga menganggap penyelidikan yang dilakukan Israel tentang tewasnya Eygi tidak dapat dipercaya.

Eygi ditembak oleh seorang tentara Israel saat berdemonstrasi menentang permukiman ilegal Israel di dekat Desa Beita, Tepi Barat, menurut para saksi mata dan pihak berwenang setempat.

Berdasarkan autopsi yang telah dilakukan, Eygi dinyatakan tewas akibat peluru yang ditembakkan oleh penembak jitu atau sniper Israel dan menembus kepalanya.

Gubernur Provinsi Nablus, Ghassan Daghlas, mengatakan pada Sabtu (7/9/2024) bahwa pihaknya menggelar upacara untuk mengenang Eygi setelah jenazahnya diserahkan kepada pihak keluarga.

"Seorang warga negara AS, Aysenur dengan damai memperjuangkan keadilan ketika dia dibunuh,” kata keluarganya dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, menggambarkannya sebagai ‘aktivis hak asasi manusia yang sangat bersemangat.’"

“Kehadirannya dalam hidup kami diambil secara tidak perlu, tidak sah dan dengan kekerasan oleh militer Israel,” sambung keluarga dalam pernyataan tersebut.

Selain pihak keluarga ragu akan penyelidikan oleh Israel, hal serupa juga disampaikan oleh pendukung Eygi.

Baca juga: Eks Kepala Shin Bet: Israel Tak Siap Terlalu Lama Perang di Gaza, Seharusnya Sudah Berakhir

Profesor kebijakan publik dari Universitas Hamad bin Khalifa, Sultan Barakat, menyebut penyelidikan yang dilakukan Israel tidak akan dilakukan serius.

"Jika mereka menyerahkan (penyelidikan) kepada militer Israel, itu akan berlangusng selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan dan kemudian akan dilupakan, seperti banyak kasus sebelumnya," tuturnya.

Keluaraga Eygi pun mendesak pemerintah AS turut menangani peristiwa penembakan ini.

Pihak keluarga menegaskan penembakan terhadap Eygi oleh tentara Israel adalah pembunuhan yang melanggar hukum atau unlawful killing.

“Kami menyerukan kepada Presiden Biden, Wakil Presiden (Kamala) Harris, dan Menteri Luar Negeri (Antony) Blinken untuk memerintahkan penyelidikan independen atas pembunuhan warga negara AS yang melanggar hukum dan untuk memastikan pertanggungjawaban penuh atas pihak-pihak yang bersalah,” kata keluarga Eygi.

Erdogan Kecam Israel

Penembakan terhadap Eygi oleh tentara Israel pun turut dikecam oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini