News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Hizbullah Berjanji Hukum Israel Setelah Ledakan Ribuan Pager Menewaskan 9 Orang dan Melukai Ribuan

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Keluarga berduka atas kematian Fatima Abdallah, seorang gadis berusia 10 tahun yang tewas setelah ratusan alat pemanggil meledak dalam gelombang mematikan di Lebanon, selama pemakamannya di desa Saraain di lembah Bekaa pada 18 September 2024. - Ratusan pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah meledak di seluruh Lebanon pada 17 September, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai sekitar 2.800 orang dalam ledakan yang oleh kelompok militan yang didukung Iran itu disalahkan kepada Israel. (Photo by AFP)

Hizbullah Berjanji Hukum Israel Setelah Ledakan Ribuan Pager Menewaskan 9 Orang dan Melukai Ribuan

TRIBUNNEWS.COM- Hizbullah berjanji menghukum Israel setelah ledakan pager menewaskan 9 orang dan melukai ribuan orang di Lebanon.

Hizbullah Lebanon berjanji akan membalas setelah menyalahkan Israel karena meledakkan pager pada hari Selasa yang menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai 2.750 lainnya, termasuk banyak pejuang kelompok tersebut dan utusan Iran di Beirut, Reuters melaporkan.

Menteri Informasi Lebanon, Ziad Makary, mengecam peledakan pager – yang digunakan oleh Hizbullah dan pihak lain di Lebanon untuk berkomunikasi – sebagai “agresi Israel”. Hizbullah mengatakan Israel akan menerima “hukuman yang setimpal” atas ledakan tersebut.

Militer Israel, yang telah terlibat dalam perang lintas perbatasan dengan Hizbullah sejak dimulainya perang Gaza Oktober lalu, menolak menanggapi pertanyaan Reuters tentang ledakan tersebut.

Seorang pejabat Hizbullah, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa peledakan pager tersebut adalah “pelanggaran keamanan terbesar” yang pernah dialami kelompok tersebut dalam hampir satu tahun konflik dengan Israel.

Perkembangan di Lebanon sangat memprihatinkan, terutama mengingat konteks yang “sangat tidak stabil”, kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, seraya menambahkan bahwa PBB menyesalkan adanya korban sipil.

Tanpa berkomentar langsung mengenai ledakan di Lebanon, seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepala staf, Mayor Jenderal Herzi Halevi, telah bertemu dengan para perwira senior pada Selasa malam untuk menilai situasi. Tidak ada perubahan kebijakan yang diumumkan tetapi "kewaspadaan harus tetap dijaga", katanya.

Hizbullah sebelumnya mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan tewasnya sedikitnya dua pejuangnya dalam ledakan itu dan mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait penyebabnya.

Pejuang Hizbullah telah menggunakan pager sebagai sarana berteknologi rendah untuk mencoba menghindari pelacakan Israel terhadap lokasi mereka, dua sumber yang mengetahui operasi kelompok tersebut mengatakan kepada Reuters awal tahun ini. Pager adalah perangkat telekomunikasi nirkabel yang menerima dan menampilkan pesan.

Pager tersebut diledakkan di Lebanon selatan, pinggiran selatan Beirut yang dikenal sebagai Dahiyeh dan lembah Bekaa timur – semuanya merupakan benteng Hezbollah.

Banyak yang terluka 

Menteri Kesehatan Lebanon, Firass Abiad, mengatakan 2.750 orang terluka akibat ledakan tersebut, 200 di antaranya kritis.

Banyak dari mereka yang terluka termasuk pejuang Hizbullah yang merupakan putra pejabat tinggi kelompok bersenjata tersebut, dua sumber keamanan mengatakan kepada Reuters.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini