News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Siaga Tinggi di Pelabuhan dan Bandara setelah Operasi Pager Hizbullah

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terbang ke Moskow meminta Rusia turun tangan bebaskan sandera Israel. --- Israel meningkatkan situasi keamanan setelah diduga meledakkan perangkat pager Hizbullah pada Selasa (17/9/2024) malam.

TRIBUNNEWS.COM - Israel meningkatkan situasi keamanan setelah diduga meledakkan ribuan alat komunikasi "Pager" yang digunakan Hizbullah Lebanon, Selasa (17/9/2024).

Pager adalah perangkat nirkabel kecil mirip telepon genggam yang dapat menerima pesan dan beroperasi dengan mengandalkan frekuensi radio.

Setidaknya 11 orang tewas dan lebih dari 3.000 orang terluka dalam ledakan serentak tersebut, menurut laporan The New York Times.

Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Herzi Halevy, mengadakan sesi untuk menilai situasi keamanan bersama anggota Staf Umum IDF untuk membahas kesiapan pada tingkat ofensif dan defensif, menyusul ledakan pager Hizbullah.

Israel juga menangguhkan penerbangan maskapai mereka dan meningkatkan kewaspadaan di pelabuhan.

"Tidak ada perubahan dalam instruksi di dalam negeri, namun kami menyerukan rakyat Israel untuk tetap waspada untuk menyadari setiap perubahan dalam kebijakan dan segera mematuhinya," kata juru bicara militer IDF setelah ledakan itu, Selasa (17/9/2024).

Kementerian Pertahanan Israel juga menilai situasi kemanan bersama para pejabat senior pada hari yang sama.

"Menteri sedang melakukan penilaian terhadap situasi operasional dengan Kepala Staf dan pejabat senior di lembaga keamanan," kata Kantor Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, tanpa rincian lebih lanjut.

Surat kabar Israel, Israel Today, mengatakan penilaian situasi yang dilakukan oleh Yoav Gallant bertujuan untuk membahas persiapan untuk semua skenario yang mungkin terjadi, termasuk serangan dari Hizbullah.

Hizbullah Tuduh Israel sebagai Dalang Peledakan Pager

Hizbullah menuduh Israel berada di balik serangan itu, namun Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab.

Baca juga: Netanyahu Setujui Operasi Pager Hizbullah, setelah Israel Ancam Perluas Perang ke Lebanon

"Setelah memeriksa semua fakta dan informasi yang tersedia, kami menganggap pendudukan Israel bertanggung jawab atas agresi berdosa terhadap rakyat Lebanon," kata Hizbullah dalam pernyataannya, Selasa.

"Musuh yang pengkhianat dan kriminal pasti akan menerima balasan yang adil atas agresi berdosa ini, baik yang diperhitungkan mau pun yang tidak," lanjutnya.

Sementara itu surat kabar Israel, Wala, mengonfirmasi Israel berada di balik serangan itu.

“Operasi untuk meledakkan radio Pager telah disetujui pada awal minggu ini, sebagai bagian dari serangkaian konsultasi keamanan yang dilakukan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan para menteri senior dan kepala Dewan Keamanan dan badan intelijen," lapor Wala, mengutip sumber Israel yang mengetahui rincian kejadian tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini