News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Pager Meledak Berasal dari Budapest, Dilengkapi Bahan Peledak Seberat 2 Ons

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serpihan pager yang meledak di Lebanon dan menewaskan 9 orang serta melukai hampir 3000 orang pada Selasa, 17 September 2024. Foto ini beredar luas di media sosial Telegram.

Pager Meledak Berasal dari Budapest, Dilengkapi Bahan Peledak Seberat 2 Ons

TRIBUNNEWS.COM- Pager yang digunakan dalam serangan terhadap Hizbullah berasal dari Budapest, dilengkapi dengan bahan peledak seberat 1-2 ons, ungkap sebuah laporan.

Pager yang meledak dalam serangan terkoordinasi – dan mematikan – terhadap pejuang Hizbullah di Lebanon hari Selasa berasal dari Budapest dan dipasang dengan sedikitnya satu hingga dua ons bahan peledak berkekuatan tinggi, menurut sebuah laporan.

Semua perangkat itu meledak secara bersamaan pada Selasa sore setelah menerima pesan yang memicu ledakan.

Ledakan itu menewaskan sedikitnya sembilan orang — termasuk seorang gadis berusia 8 tahun — dan melukai hampir 3.000 orang lainnya. 

Di antara mereka yang terluka adalah duta besar Iran untuk Lebanon.

Hezbollah memesan lebih dari 3.000 model terbaru dari Gold Apollo di Taiwan — kebanyakan di antaranya adalah model AP924 milik perusahaan tersebut, pejabat Amerika dan pejabat lain yang diberi pengarahan tentang operasi tersebut mengatakan kepada The New York Times .

Gold Apollo mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya mengizinkan mereknya pada pager tersebut, tetapi mengklaim bahwa sebuah perusahaan di Hungaria yang memproduksinya.

Namun, pengiriman tersebut diduga dicegat oleh badan mata-mata Israel Mossad lima bulan lalu dan kemudian ditanam pentaerythritol tetranitrate, bahan yang sangat mudah meledak, kata sumber kepada Sky News Arabia, menurut terjemahan dari media Israel .

Mereka ditanamkan sedikitnya satu hingga dua ons bahan peledak, yang diduga ditempatkan di samping setiap baterai bersama dengan sakelar yang dapat dipicu dari jarak jauh untuk menyebabkan ledakan, kata para pejabat, menurut Times.

Semua pager menerima pesan sekitar pukul 3:30 sore waktu setempat yang seolah-olah dikirim oleh pimpinan Hizbullah, kata para pejabat.

Pesan tersebut menyebabkan suhu baterai menjadi terlalu panas, yang memicu sakelar dan mengaktifkan bahan peledak.

Menurut para pejabat, pager tersebut juga diprogram untuk berbunyi bip selama beberapa detik sebelum meledak.

Delapan orang yang tewas akibat ledakan itu tampaknya merupakan bagian dari kelompok teror, Associated Press melaporkan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini