News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Yordania: Israel Mendorong Seluruh Kawasan Timur Tengah Menuju Jurang Kehancuran

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pintu perlintasan di perbatasan Yordania-Israel.

Yordania: Israel Mendorong Seluruh Kawasan Timur Tengah Menuju Jurang Kehancuran
 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania, Ayman Al-Safadi, mengatakan kalau Israel adalah sumber konflik yang kini meluas di kawasan Timur Tengah.

Hal itu dia katakan dalam pertemuan antar-pejabat tinggi kelompok Grup Kontak Arab-Islam dalam kerangka koordinasi konsultatif menjelang pertemuan Majelis Umum di PBB.

Baca juga:  Ada Indonesia, Negara Kelompok Kontak Arab-Islam Serukan Penarikan Penuh Pasukan Israel dari Gaza


Al-Safadi menambahkan, dalam konferensi pers yang diadakan di sela pertemuan komite Arab-Islam mengenai penghentian perang di Gaza, yang diadakan di Amman, pada Rabu (18/9/2024), kalau pertemuan tersebut menegaskan penghentian agresi terhadap Jalur Gaza dan prioritas serta menghentikan eskalasi di Tepi Barat dan Yerusalem.

Al-Safadi menekankan, "Kami tidak percaya bahwa pembatalan perjanjian perdamaian (Yordania-Israel) akan menguntungkan Yordania dan Palestina, dan kami akan menggunakan perjanjian perdamaian untuk melindungi kepentingan Yordania dan melayani rakyat Palestina."

Baca juga: Panas di Perbatasan Pendudukan Israel, Raja Yordania Hadiri Latihan Militer Artileri Tentara Arab

Raja Yordania, Abdullah II, menghadiri latihan militer yang diselenggarakan Korps Artileri Kerajaan pada Senin (9/9/2024). (jn/screencapture)

Dia menyatakan kalau Israel mendorong seluruh kawasan menuju jurang kehancuran, dan menambahkan bahwa eskalasi Israel terus berlanjut dan berbahaya.

Al-Safadi menjelaskan bahwa pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka pertemuan koordinasi konsultatif antar negara sebelum pertemuan Majelis Umum PBB, untuk mengoordinasikan perjanjian Arab yang mengupayakan mobilisasi internasional dalam jumlah besar untuk mendukung perjuangan Palestina.

Dia menambahkan bahwa “kami tujuan utamanya adalah menghentikan agresi terhadap Gaza, dan menghentikan kemunduran menuju perang regional.”

Al-Safadi melanjutkan, “Kami akan pergi ke Majelis Umum dengan sejumlah posisi dan tuntutan yang jelas dan kami akan mengadakan banyak pertemuan di sana. Seperti yang saya katakan, prioritas pertama adalah menghentikan agresi terhadap Gaza, menghentikan eskalasi di Tepi Barat dan juga hentikan eskalasi terhadap Lebanon, dan perjelas bahayanya jika terus membiarkan pemerintah Israel yang paling ekstremis ini bahkan dalam sejarah Israel yang telah mendorong kawasan (Timur Tengah) menuju jurang kehancuran."

"Saya mengetahui bahwa ada negara-negara yang telah mengakui Negara Palestina dan akan ada pertemuan di sela-sela pertemuan Majelis Umum untuk mendorong pengakuan Negara Palestina dan keanggotaan penuhnya di PBB," katanya.

(oln/khbrn/*)
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini