News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Paus Fransiskus Sampaikan Renungan Perjalanan Apostoliknya Selama di Indonesia hingga Singapura

Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dalam gambar selebaran yang dirilis oleh Kantor Pers Vatikan pada tanggal 4 September 2024, Paus Fransiskus (kiri) menyampaikan pidatonya saat Presiden Indonesia Joko Widodo menyaksikan selama pertemuan dengan otoritas Indonesia, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Istana Kepresidenan di Jakarta pada tanggal 4 September 2024. - Tur melelahkan Paus Fransiskus di Asia-Pasifik dimulai pada tanggal 4 September, dengan pria berusia 87 tahun itu tampak dalam keadaan sehat dan bersemangat saat bertemu dengan presiden Indonesia. Audiensi di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Paus Fransiskus menyampaikan renungan Perjalanan Apostoliknya baru-baru ini ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura. (Photo by Handout / VATICAN MEDIA / AFP)

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN - Paus Fransiskus menyampaikan renungan Perjalanan Apostoliknya baru-baru ini ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura.

Renungan ini disampaikan saat Audiensi Umum hari Rabu (18/9/2024) di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

“Gereja jauh lebih besar dan lebih hidup!”  ucap Paus Fransiskus mengawali renungan perjalanannya yang ke-45 di luar negeri.

Paus Fransiskus juga berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah Perjalanan ini, di mana beliau kagum, beliau “bertemu dengan banyak komunitas Kristen yang besar dan dinamis.”

 

Mengikuti jejak Paulus VI

Bapa Suci mengenang bahwa di antara para Paus di era modern, Paus St. Yohanes XXIII adalah orang pertama yang meninggalkan Vatikan untuk melakukan perjalanan, dengan kereta api, ke Assisi dan Loreto, namun Paus St. Paulus VI adalah orang pertama yang melakukan perjalanan “melalui pesawat."

Ia mengenang bahwa pada tahun 1970, Paulus VI menjadi Paus pertama yang terbang “menuju matahari terbit,” mengunjungi Filipina dan Australia secara ekstensif, dan juga singgah di beberapa negara Asia dan Kepulauan Samoa. 

“Saya mencoba untuk mengikuti teladannya, namun dengan usia saya yang tinggal beberapa tahun lebih lama dibandingkan beliau pada saat itu, saya membatasi kunjungan saya ke empat negara: Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura,” kata Paus.

“Saya berterima kasih kepada Tuhan,” lanjutnya, “yang memberi saya kesempatan untuk melakukan apa yang ingin saya lakukan sebagai seorang Paus muda sebagai seorang Paus tua!

Paus Fransiskus mengakui bahwa Gereja masih terlalu Eurosentris atau, “seperti yang dikatakan, ‘Barat’,” dan mencatat bahwa Gereja jauh lebih besar daripada wilayah geografis mana pun.

Setelah menghabiskan waktu bersama komunitas-komunitas dan mendengarkan kesaksian para imam, biarawati, umat awam, dan katekis, Paus memuji Gereja-Gereja yang bertumbuh “bukan dengan melakukan dakwah,” “tetapi dengan daya tarik.”

 

Indonesia

Bapa Suci mengingatkan bahwa di Indonesia, umat Kristen berjumlah sekitar 10 persen, dan Katolik sekitar 3 persen dari jumlah penduduk.

“Tetapi yang saya temui adalah Gereja yang hidup dan dinamis, mampu menghayati dan menyebarkan Injil di negara tersebut, yang memiliki budaya yang sangat mulia yang cenderung menyelaraskan perbedaan, dan pada saat yang sama memiliki kehadiran Muslim terbesar di dunia.”

“Iman, persaudaraan, bela rasa menjadi semboyan kunjungan ke Indonesia,” ujarnya. “Melalui kata-kata ini, Injil masuk setiap hari, dengan cara yang nyata, ke dalam kehidupan orang-orang tersebut, merangkul dan menawarkan kepada mereka rahmat Yesus, yang telah wafat dan bangkit kembali.”

Paus Fransiskus mengatakan kata-kata ini “ibarat jembatan” dan “ibarat jalan bawah tanah yang menghubungkan Katedral Jakarta dengan masjid terbesar di Asia.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini