News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilot Susi Air Phillip Mehrtens dibebaskan setelah 18 bulan ditahan sayap militer OPM - 'Saya keluar dengan kondisi aman dan sehat'

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pilot Susi Air Phillip Mehrtens dibebaskan setelah 18 bulan ditahan sayap militer OPM - 'Saya keluar dengan kondisi aman dan sehat'

Pilot Phillip Mark Mehrterns mengucapkan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantunya bisa pulang ke rumah setelah disandera oleh kelompok militer OPM selama 18 bulan.

"Saya senang sekali sudah bisa sehat pulang. Sekali lagi, terima kasih semua orang yang bantu dengan bantuan," kata Mehrtens saat konferensi pers bersama aparat gabungan TNI-Polri, Sabtu (21/09).

Ia juga menyatakan dirinya dalam "kondisi aman dan sehat".

"Hari ini, saya keluar dengan kondisi aman dan sehat. Terima kasih semua orang," katanya disertai tepuk tangan.

Dalam keterangan terbaru, Presiden Joko Widodo juga angkat bicara tentang pembebasan Pilot Phillip.

Presiden mengeklaim pembebasan Kapten Phillip Mehrtens yang disandera kelompok OPM merupakan "proses negosiasi yang sangat panjang".

"Dan kesabaran kita untuk tidak melakukan dengan represif," kata kepala negara saat memberi keterangan pers di Jakarta, Sabtu (21/09).

Negosiasi yang panjang serta upaya pemerintah tidak melakukan tindakan represif bertujuan memastikan keselamatan dari pilot Susi Air, kata Jokowi.

"Yang kita prioritaskan adalah keselamatan dari pilot yang disandera. Jadi, proses panjang yang telah dilakukan TNI dan Polri saya kira sangat bagus, saya sangat mengapresiasi," kata Presiden seperti dikutip dari Antara.

Setelah dijemput dari Kampung Yuguru, Distrik Maiborok, Kabupaten Nduga, Pilot Phillip menjalani pemeriksaan kesehatan di Timika.

Kabar terakhir, ia sedang terbang ke Jakarta.

Bagaimana proses pembebasan Pilot Phillip?

Setelah 1,5 tahun berada dalam tahanan sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Egianus Kogoya, pilot asal Selandia Baru Phillip Mark Mehrtens dibebaskan.

BBC News Indonesia menerima sejumlah foto Philip bersama dengan pejabat keamanan Indonesia di Papua. Phillip tampak kurus, mata kuyu, dengan jenggot lebat.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini