News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Kondisi WNI di Lebanon: Arahan dan Imbauan dari Presiden PPI Lebanon

Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepulan asap terlihat di perbatasan Israel-Lebanon

TRIBUNNEWS.COM -  Keadaan keamanan di Lebanon saat ini sedang memanas akibat ketegangan yang dipicu oleh serangan roket dari Israel ke kawasan permukiman Hezbollah di Lebanon Selatan.

Ariq Fadhlur Cahyanto, Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Lebanon periode 2023-2024 Kabinet Berdaya Berkarya, menyatakan bahwa kondisi Warga Negara Indonesia (WNI) di Lebanon, terutama di wilayah Beirut dan Tripoli, tetap aman.

Serangan roket tersebut sebagian besar menargetkan wilayah Selatan Lebanon, yang mayoritas didiami oleh kelompok Hezbollah.

Kondisi Keamanan WNI

Ariq Fadhlur Cahyanto menekankan bahwa sebagian besar WNI tinggal di wilayah Beirut dan Tripoli, terutama di wilayah pusat kota Beirut secara keseluruhan cenderung aman.

Tripoli, yang berjarak sekitar 80 km di Utara Beirut, juga berada di luar jangkauan serangan langsung.

KBRI Beirut dan Kementerian Luar Negeri mengimbau agar seluruh WNI membatasi aktivitas di luar kota dan menghindari daerah pemukiman Syiah di wilayah Selatan, sesuai dengan arahan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

KBRI bersama Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia terus mensosialisasikan prosedur evakuasi dan menghimbau agar WNI di Lebanon selalu waspada dan mengikuti instruksi dari otoritas setempat.

Dampak pada Penerbangan dan Infrastruktur

Bandara Internasional Beirut menjadi salah satu target serangan roket yang dilakukan pada Senin, 23 September 2024.

Akibat serangan ini, seluruh penerbangan dari dan ke Beirut dibatalkan.

Baca juga: Israel-Lebanon di Ambang Perang Besar, AS dan Inggris Kompak Kirim Pasukan ke Siprus

Setiap harinya, sekitar 30 penerbangan tidak beroperasi. Pihak bandara belum mengumumkan kapan aktivitas penerbangan akan kembali normal.

Kebijakan Pendidikan

Sejalan dengan meningkatnya ketegangan, Kementerian Pendidikan Lebanon memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah dan universitas selama satu minggu mulai Selasa, 24 September 2024.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini