News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Warga Palestina di Gaza Berduka atas Meninggalnya Hassan Nasrallah, Kehilangan Pendukung Hebat

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serangan Israel di Sekolah Gaza, Al-Jaouni, yang dikelola oleh UNRWA pada Rabu (11/9/2024).

Warga Palestina di Gaza Berduka atas Meninggalnya Hassan Nasrallah, Kehilangan Pendukung Hebat

TRIBUNNEWS.COM-  Di sebuah tenda darurat yang compang-camping di Deir el-Balah, di Jalur Gaza bagian tengah, Basma al-Helou dan suaminya tengah menyiapkan teh pagi mereka. 

“Kami tidak ingin siapa pun mengalami kehidupan seperti ini [di tenda], apalagi saudara-saudara kami di Lebanon,” kata wanita berusia 74 tahun itu, suaranya dipenuhi kesedihan.

“Perang tidak tertahankan, dan kami telah merasakan kengeriannya sepanjang tahun. Saya sangat terpukul ketika Israel mulai membom Lebanon.”

Kesedihannya semakin dalam, katanya, setelah mendengar pembunuhan Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah yang tewas pada Jumat malam dalam serangan besar Israel di Beirut selatan. 

“Saya patah hati saat mendengarnya. Semua orang di sekitar saya, tetangga saya – kami semua berharap itu tidak benar.”

Sebagai seorang Palestina, al-Helou mengatakan dia tidak akan pernah melupakan dukungan Nasrallah yang tak tergoyahkan bagi rakyatnya. “Nasrallah selalu bersama kita sepanjang hidupnya, selalu menentang Israel. Saya ingat pidato-pidatonya di TV. Pidato-pidatonya menjadi sumber kekuatan. Kehilangannya sangat besar.

"Kami tidak tahu apa yang mereka inginkan untuk menghentikan perang. Mereka membunuh Ismail Haniyeh , mereka membunuh banyak tokoh terkemuka."

Sekarang, katanya, “Kami merasa sendirian dalam menghadapi mesin perang yang tirani.”

'Nasrallah bersama kami'
Zaki Sheikh Khalil, 64, menyampaikan sentimen serupa. “Nasrallah bersama kita ketika yang lain meninggalkan kita,” katanya. “Siapa pun yang berdiri di samping kita, terlepas dari kewarganegaraan atau agama mereka, kita akan berduka atas kehilangan atau kematian mereka.”

Ia mengakui bahwa tidak semua orang di wilayah tersebut merasakan hal yang sama.

"Ada yang mengatakan bahwa Nasrallah adalah penganut Syiah, bukan Sunni, dan dialah yang menyebabkan perpecahan di Suriah. Namun, apa pun perbedaannya, kita akan terus mengenang Nasrallah yang menentang Israel dan mendukung Gaza," katanya.

“Musuh kami satu, dan Israel adalah musuh kami, dan terbunuhnya Nasrallah adalah kemenangan bagi Israel,” imbuhnya.

Merenungkan serangan Israel terhadap Lebanon, Khalil, yang telah mengungsi sebanyak lima kali, mengungkapkan kesedihan yang mendalam. “Apa yang terjadi di Lebanon mencerminkan penderitaan kami di Gaza – pemboman, penghancuran, pengungsian. Melihat mereka menanggung apa yang telah kami tanggung sungguh tak tertahankan. Yang lebih buruk adalah ketidakpedulian dunia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini