News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Israel Dapat Info Berharga Lokasi Yahya Sinwar Tapi Malah Batalkan Operasi, Kenapa?

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, yang diberi tanda tanya oleh militer Israel dalam sebuah rapat penilaian situasi yang dipimpin oleh kepala staf IDF, Herzi Halevi.

Israel Dapat Info Berharga Lokasi Yahya Sinwar Tapi Malah Batalkan Operasi, Kenapa?

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Israel dilaporkan merilis sebuah foto yang menunjukkan foto Yahya Sinwar, dan sejumlah pemimpin gerakan Hamas dan Hizbullah yang telah diberi tanda "X".

Tanda "X" tersebut diindikasikan menandakan kalau mereka yang dilabeli tanda ini sudah berhasil dieliminasi oleh Israel. 

Dalam publikasi itu, foto Yahya Sinwar, pemimpin Hamas dan arsitek “Operasi Banjir Al Aqsa” diberi tanda tanya oleh pihak militer Israel dalam sebuah pertemuan yang mereka gambarkan sebagai rapat asessment atau penilaian situasi.

Terkait foto yang dirilis IDF tersebut, Channel 12 Israel, media berbahasa Ibrani melaporkan, kalau Yahya Sinwar saat ini makin berstatus sebagai target yang 'tak tersentuh' 

Laporan tersebut menyusul penilaian awal kalau Sinwar kemungkinan telah diserang oleh sejumlah operasi pasukan Israel dalam beberapa minggu terakhir.

Kepala Staf IDF Herzi Halevi duduk di dekat infografis Sinwar dengan tanda tanya di wajahnya (Unit Juru Bicara IDF via YNet)

Dijelaskan, yang dimaksud 'tak tersentuh' itu lantaran pada satu titik, Israel menerima “petunjuk berharga” tentang keberadaan Yahya Sinwar di terowongan-terowongan di Jalur Gaza.

"Tetapi setelah menilai situasinya; diputuskan untuk tidak melaksanakan operasi untuk membunuhnya (Siwar)," tulis laporan tersebut.

Channel 12 mengatakan operasi itu dihentikan karena “risiko tinggi melukai para korban penculikan di daerah sekitar.”

"Informasi yang diterima oleh militer Israel menghadirkan “peluang operasional yang luar biasa”," tambah laporan tersebut.

Laporan tersebut menyatakan, pejabat IDF yakin Sinwar masih berada di terowongan-terowongan di Jalur Gaza serta mengelilingi dirinya dengan para tawanan.

"Sinwar mengetahui bahwa operasi IDF akan menghindari menjadikannya target, meskipun berada di urutan teratas daftar orang yang paling dicari Israel," kata laporan tersebut.

Perbedaan Pendapat Soal Status Yahya Sinwar

Laporan ini muncul meskipun terjadi perdebatan selama seminggu terakhir mengenai kemungkinan kematian Sinwar.

IDF menyatakan Minggu lalu bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi atau menyangkal laporan tentang kemungkinan kematian tersebut menyusul beredarnya rumor bahwa dia telah terbunuh.

Sementara itu, Shin Bet (Badan Keamanan Israel) membantah teori ini karena percaya bahwa Sinwar masih hidup. 

Sebelumnya pada hari Minggu, juru bicara IDF menerbitkan foto dari pertemuan penilaian situasi setelah serangan terhadap Houthi Yaman.

Baca juga: Media-media Siarkan Isu Yahya Sinwar Tewas, Jejak Radar Hilang hingga Catatan Diary

Foto tersebut menggambarkan diagram kepemimpinan Hamas, dengan tanda tanya di atas nama Sinwar, yang menunjukkan bahwa IDF tidak yakin akan keberadaan atau statusnya.

 

(oln/rntv/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini