News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Iran Vs Israel

Reaksi Dunia atas Serangan Rudal Iran Terhadap Israel

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Iran menyerang Israel dengan ratusan rudal pada Selasa malam, (1/10/2024). - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, PM Israel, Benjamin Netanyahu, Hamas hingga Presiden AS, Joe Biden bereaksi atas Serangan Rudal Iran.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini reaksi dari para pemimpin dunia atas serangan rudal Iran terhadap Israel, Selasa (1/10/2024).

Teheran mengaku pihaknya menembakkan puluhan rudal balistik ke target militer dan keamanan penting di Israel.

Iran mengklaim agresi tersebut sebagai respons atas pembunuhan Pemimpin Biro-Politik Hamas Ismail Haniyeh, Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, dan Komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Abbas Nilforoushan.

Garda Revolusi Iran mengatakan bahwa Israel akan menghadapi serangan yang menghancurkan jika menanggapi serangan rudal tersebut.

Merespon sergapan Iran, militer Israel menyebut jika sejumlah besar rudal telah dicegat.

Ketegangan antara Israel dan Iran meningkat sejak Israel melancarkan serangan ke Gaza Oktober lalu sebagai tanggapan atas serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel.

Berikut ini adalah rangkuman reaksi dunia terhadap serangan rudal Iran terhadap Israel:

1. Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei

Mengutip ayat-ayat Al-Quran, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei tampaknya meramalkan "kemenangan ilahi yang dekat".

Dalam dua posting terpisah di X, Khamenei mengatakan bahwa "orang-orang saleh mungkin harus berkorban tetapi mereka tidak akan dikalahkan pada akhirnya".

"Mereka adalah pemenang di lapangan," katanya dalam sebuah video yang memperlihatkan cuplikan peluncuran rudal Iran.

Baca juga: Populer Internasional: Iran Serang Israel dengan Ratusan Rudal - Invasi Darat Israel ke Lebanon

2. Presiden Iran, Masoud Pezeshkian

Dalam unggahan di media sosial, Presiden Iran, Masoud Pezeshkian mengatakan bahwa serangan ini "dilakukan untuk membela kepentingan dan warga negara Iran".

"Beri tahu Netanyahu bahwa Iran bukanlah negara yang suka berperang, tetapi Iran berdiri teguh melawan ancaman apa pun. Ini hanyalah sebagian kecil kekuatan kita. Jangan terlibat konflik dengan Iran," ucap Pezeshkian. 3. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

lihat foto Rudal yang ditembakkan oleh Iran terlihat di atas Yerusalem al-Quds yang diduduki di Tepi Barat pada tanggal 1 Oktober 2024.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu telah bersumpah akan melakukan pembalasan, dengan mengatakan Iran "akan membayar" atas tindakannya.

"Iran membuat kesalahan besar malam ini – dan mereka akan membayarnya," katanya di awal pertemuan politik-keamanan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini