News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kapal Perang Selandia Baru, Manawanui Tenggelam di Lepas Pantai Samoa, Semua Penumpang Selamat

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapal Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru, HMNZS Manawanui kandas dan tenggelam di lepas pantai Samoa, seluruh awak dan penumpang berjumlah 75 orang

TRIBUNNEWS.COM - Kapal Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru, HMNZS Manawanui kandas dan tenggelam di lepas pantai Samoa, kata Angkatan Pertahanan Selandia Baru dalam sebuah pernyataan pada Minggu (6/10/2024).

Manawanui, kapal selam dan hidrografi khusus milik angkatan laut, kandas di dekat pantai selatan Upolu pada Sabtu (5/10/2024) malam.

"Saat itu, kapal perang Manawanuit sedang melakukan survei terumbu karang," kata Komandan Komponen Maritim Angkatan Pertahanan Selandia Baru, Komodor Shane Arndell dalam sebuah pernyataan.

Seluruh awak dan penumpang berjumlah 75 orang selamat, The Guardian melaporkan.

Insiden ini menandai pertama kalinya Angkatan Laut Selandia Baru kehilangan kapal sejak perang dunia kedua.

Pada Sabtu malam, kapal sepanjang 85 meter itu kandas sekitar 2 kilometer di selatan desa Siumu, Samoa, menyebabkan Kapten Yvonne Gray memerintahkan awak kapal untuk meninggalkan kapal melalui rakit penyelamat dan perahu yang lebih kecil.

Manawanui digunakan untuk melakukan berbagai tugas penyelaman, penyelamatan, dan survei spesialis di seluruh Selandia Baru dan di seluruh Pasifik barat daya.

Angkatan Laut Selandia Baru saat ini beroperasi dengan kapasitas yang berkurang, dengan tiga dari sembilan kapalnya tidak beroperasi karena kekurangan personel.

Angkatan pertahanan Selandia Baru telah meluncurkan pengadilan penyelidikan formal terkait tenggelamnya HMNZS Manawanui, yang tenggelam setelah menabrak karang di selatan Samoa.

Penyelamatan

Operasi penyelamatan dikoordinasikan oleh layanan darurat Samoa dan personel Pertahanan Australia dengan bantuan pusat penyelamatan Selandia Baru, menurut pernyataan dari Kepolisian Samoa, Dinas Penjara dan Pemasyarakatan yang diunggah di Facebook.

Baca juga: Ada 55 Kapal Perang dan 25 Pesawat Udara Dikerahkan untuk Meriahkan Gelar Pasukan TNI AL

Beberapa kapal menanggapi dan membantu menyelamatkan awak dan penumpang yang meninggalkan kapal dengan sekoci penyelamat, kata Arndell.

Sebuah pesawat P-8A Poseidon milik Angkatan Udara Kerajaan Selandia Baru juga dikerahkan untuk membantu penyelamatan.

"Kapal itu kemudian terbalik dan berada di bawah permukaan pada pukul 09.00 pagi waktu setempat," kata Angkatan Pertahanan Selandia Baru, dikutip dari Reuters.

Kepala Angkatan Laut Laksamana Muda Garin Golding mengatakan pada konferensi pers di Auckland bahwa sebuah pesawat berangkat ke Samoa pada hari Minggu (6/10/2024) untuk membawa awak dan penumpang yang diselamatkan kembali ke Selandia Baru.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini