News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua

Pemerintah Indonesia Serahkan Kapten Philip ke Otoritas Selandia Baru dalam Kondisi Fisik Sehat

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tangkapan layar dari rekaman video selebaran yang diambil dan dirilis pada tanggal 21 September 2024 oleh Gugus Tugas Perdamaian Cartenz menunjukkan pilot Selandia Baru Phillip Mehrtens (kiri), yang diculik oleh pemberontak di wilayah Papua yang bergolak di Indonesia pada bulan Februari tahun lalu, setelah pembebasannya pada konferensi pers di Timika. - Pilot Selandia Baru Phillip Mehrtens telah dibebaskan dari penangkaran oleh pemberontak di wilayah Papua yang bergolak di Indonesia dan dalam keadaan sehat meskipun mengalami cobaan selama 19 bulan, kata pihak berwenang Indonesia dan Selandia Baru pada tanggal 21 September. Pemerintah Indonesia resmi menyerahkan Pilot Susi Air Philip Mark Marthens ke otoritas Selandia Baru melalui Duta Besar Selandia Baru untuk RI Kevin Burnett. (Photo by Handout / CARTENZ PEACE TASK FORCE / AFP)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menyerahkan Pilot Susi Air Philip Mark Marthens ke otoritas Selandia Baru melalui Duta Besar Selandia Baru untuk RI Kevin Burnett.

Penyerahan dilakukan usai Philip Marthens tiba di Jakarta pada Sabtu (21/9/2024).

"Pilot Kapten Philip saat ini sudah kita serahkan kepada Duta Besar Selandia Baru dan seluruh tanggung jawab sudah berada di Bapak Dubes Selandia Baru," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Hadi menyatakan bahwa keadaan fisik Kapten Philip dipastikan sehat usai disandera selama 1 tahun 7 bulan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Tadi saya diinfo oleh Panglima TNI, Kapolri bahwa Kapten Pilot dalam keadaan sehat,” ungkap Menkopolhukam.

Dalam jumpa pers di Lanud Halim PK, Jakarta, Menkopolhukam didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan pejabat Mabes Polri-TNI.

Baca juga: Momen Haru Pilot Susi Air Video Call dengan Keluarga hingga Minta Makan Pizza ke Susi Pudjiastuti

Diketahui sebelumnya, kapten Philip disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada 7 Februari 2023.

Kapten Susi Air tersebut akhirnya diselamatkan pada 21 September 2024.

Selama disandera, keadaan fisik Philip tampak berubah menjadi kurus dan tumbuh jenggot atau brewokan serta rambut yang panjang.

Foto terbaru pilot Susi Air dengan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoy (Istimewa)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini