News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Air Kelapa

Bahaya Heatstroke Melanda, Bagaimana Cara Mencegahnya?

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tetap segar saat bekerja meski harus bolak balik ke luar kantor.

TRIBUNNEWS.COM - Saat cuaca panas begitu menyengat, bekerja di dalam ruangan yang sejuk memang merupakan pilihan paling tepat. Selain terasa lebih nyaman, kamu pun jadi lebih mudah fokus karena tidak perlu banyak bergerak. 

Akan tetapi, beberapa jenis pekerjaan terkadang mengharuskan kamu untuk bolak balik beraktivitas di luar ruangan, misalnya meeting dengan klien, survei ke lapangan, menghadiri training, hingga wawancara dengan narasumber.

Di tengah mobilitas yang tinggi serta aktivitas yang padat, cuaca akhir-akhir ini pun sedang tidak bersahabat. Selain curah hujan yang tidak menentu, situasi yang harus kamu waspadai akibat perubahan cuaca adalah heatstroke. 

Melansir KlikDokter, heatstroke merupakan sebuah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan akibat cuaca panas. Akibatnya, suhu tubuh dapat mencapai lebih dari 40 derajat celsius yang disertai dengan gejala-gejala seperti sakit kepala, pusing, kejang, hingga pingsan. 

Kondisi ini ternyata perlu diwaspadai karena dapat membahayakan jiwa, seperti yang terjadi di Thailand pada Bulan Mei lalu, serta di Jepang baru-baru ini, di mana sejumlah warganya meninggal akibat cuaca panas ekstrem. 

Mengingat risiko tersebut, penting bagi kamu untuk menjaga kondisi fisik selagi bekerja di luar ruangan. Tak cuma badan, pikiran pun harus tetap segar agar kamu bisa tetap produktif dan bugar sepanjang hari. 

Nah, berikut adalah empat cara simpel yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kondisi tubuh di tengah cuaca panas, yuk simak!

  • Rehidrasi tubuh

Selagi bolak-balik bekerja di luar ruangan, pastikan kamu selalu menyediakan minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Jadwalkan waktu minum secara teratur untuk proses rehidrasi cairan tubuh agar fokusmu bisa tetap terjaga. 

Kamu bisa mengonsumsi air kelapa alami seperti Hydro Coco yang dapat membantu mengembalikan kesegaran alami tubuh dan menjaga imun tubuh. 

Dengan kandungan elektrolit alaminya, Hydro Coco bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, sehingga kamu bisa tetap fokus dan merasa segar sepanjang hari!

  • Makan siang sehat

Tak jarang, memelihara pola hidup sehat menjadi hal yang diabaikan oleh para pekerja, termasuk juga dalam hal makanan. 

Seperti kata pepatah, you are what you eat. Selain rehidrasi tubuh, makanan yang kamu konsumsi berdampak besar pada energi serta daya tahan tubuhmu saat bekerja. 

Jadi, jangan sampai hanya memikirkan rasa, kamu juga perlu memperhatikan nutrisi seimbang saat istirahat makan siang! Pilihlah makanan sehat untuk makan siang seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. 

Meski sibuk, hindari makanan cepat saji atau yang tinggi gula karena dapat menyebabkan penurunan energi setelah beberapa jam. 

  • Gunakan pakaian dan pelindung tubuh yang tepat

Meski terdengar sepele, ini merupakan cara penting untuk melindungi tubuhmu dari cuaca panas yang menyengat, lho! 

Saat harus banyak beraktivitas di luar ruangan, pastikan kamu mengenakan pakaian berbahan sejuk dan menyerap keringat, misalnya pakaian dari bahan katun. Hindari juga pakaian berwarna gelap!

Yang tak kalah penting, selalu siap sedia pelindung tubuh seperti kacamata hitam, topi, dan payung sehingga kamu terhindar dari paparan terik matahari secara langsung.

  • Rehat sejenak di dalam ruangan

Untuk menjaga tubuh tetap segar selagi harus bergerak ke berbagai tempat, kamu pun perlu meluangkan beberapa menit untuk rehat di dalam ruangan. Dengan begitu, kamu bisa menghindari paparan cahaya matahari langsung yang terlalu lama.

Tidak perlu bergerak terlalu jauh, cukup cari lokasi indoor terdekat, seperti gedung kantor, stasiun, atau tempat makan. Selagi rehat sejenak, cobalah untuk mengatur nafas dan menenangkan pikiran serta meregangkan tubuh agar lebih rileks.

Nah, itulah 4 tips yang bisa kamu coba agar tetap merasa fresh dan siap back on track saat kamu sering bekerja outdoor!

Jangan lupa untuk selalu memberikan asupan yang baik untuk tubuh ya, khususnya asupan cairan agar kamu tidak mengalami dehidrasi!

Biar lebih praktis, yuk siapkan Hydro Coco di tasmu untuk dikonsumsi, terutama saat tanda-tanda dehidrasi mulai menyerang. 

Kamu bisa memilih berbagai kemasan Hydro Coco, yaitu kemasan 250ml, 330ml, 500ml, dan 1000ml. 

Terbuat dari air kelapa asli, kandungan elektrolit alami Hydro Coco bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan berbagai kandungan yang dibutuhkan tubuh, seperti elektrolit alami, vitamin A, C, dan E dan kandungan vitamin B3.

Enggak perlu takut dengan cuaca panas dan rasa lelah saat harus bekerja seharian di luar ruangan, yuk rehidrasi dan kembalikan kesegaran alami tubuh dengan Hydro Coco!

Penulis: M. Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini