News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemerintah Dukung Usaha Peternakan Kecil dengan Kredit Usaha Rakyat

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat meninjau peternakan ayam milik warga di Desa Pulosari, Kecamatan Klapanunggal, Sukabumi, Selasa (6/10).

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk membangun peternakan yang berpihak pada peternak kecil.

Salah satunya menurunkan bunga Kredit Usaha Rakyat dari 24% menjadi 12% serta nilai kredit untuk keseluruhan bidang pangan sekitar Rp 30 triliun.

Hal tersebut dijelaskan Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada kunjungan kerjanya meninjau peternakan ayam milik warga di Desa Pulosari, Kecamatan Klapanunggal, Sukabumi, Selasa (6/10).

“Kebijakan tersebut merupakan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas,” papar Mentan.

Di sisi lain, mengenai harga dan pasokan ayam, Mentan menjelaskan bahwa Kementan telah berupaya mengurangi pasokan dengan memusnahkan enam juta Grand Parent Stock (ayam indukan).

Dengan langkah seperti itu, diharapkan produksi dapat meningkat dan harga di peternak kecil stabil.

Selain itu, Kementan juga telah mengekspor bibit ayam ke luar negeri seperti Myanmar, agar pasokan ayam dalam negeri tidak berlebihan sehingga harga ayam kembali normal dan menguntungkan peternak kecil.

Mentan juga menyampaikan agar manajemen ditingkat peternak kecil agar dapat ditata lebih baik lagi.

“Untuk meningkatkan produksi, lakukan pemeliharaan dengan baik, perhatian peternak harus lebih, efisiensi belanja harus diperhatikan,” pesan Mentan kepada peternak yang hadir.

Mentan juga secara langsung berpesan kepada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yang hadir pada kunjungan kerja tersebut agar peternak mendapatkan pendampingan.

“Ini peternak tolong dibantu akses medapatkan DOC-nya,” ungkap Mentan. (advertorial)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini