News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Posisi Menyusui Setengah Tidur yang Nyaman Untuk Bayi dan Tidak Bikin Pegal Ibu

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Posisi menyusui laid back bisa menjadi pilihan posisi menyusui kalau ibu-ibu pegal menyusui dengan posisi seperti menimang.

Ketua Satgas ASI IDAI, dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A menjelaskan posisi laid back ini adalah badan ibu menyandar atau posisi setengah tidur.

Kemudian letakkan bayi diatas badan ibu dengan posisi tengkurap dan posisi kepala bayi menghadap ke bawah sedikit diatas payudara ibu.

Dr. Elizabeth menyebutkan posisi ibu yang tidak terlalu tegak akan membuat badan ibu lebih relaks dan aman juga lho untuk bayi!

Baca: Agar Bayi Aman Dapatkan ASI Saat Pandemi, Ini Panduan UNICEF untuk Ibu Menyusui

Seandainya tiba-tiba kepala bayi menegak atau ada gerakan lasak dari bayi tangan ibu bisa langsung memegang anak.

"Jadi dengan posisi ini ibu bisa selonjor dan kalau bayi kaget ada tangan dibelakang bayi yang langsung tangkep karena ibu menyanggah bayinya dari belakang bayi," ungkap dr. Elizabet saat live bersama IDAI, Kamis (20/8/2020).

Posisi laid back ini banyak dilakukan saat proses inisiasi menyusui dini (IMD) dan cocok juga dilakukan bagi ibu yang melahirkan secara cesar karena letak bayi sedikit diatas perut.

Baca: Beberapa Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Bayi Muntah Setelah Menyusui

"Teknik seperti ini cocok pasca cesar kalau kena perut masih sakit dan dengan ibu juga lebih nyaman," kata dr. Elizabeth.

Dr. Elizabeth juga merekomendasikan posisi ini bagi ibu yang memiliki masalah puting datar atau puting ke dalam karena bayi bisa lebih mudah menghisap puting.

Terakhir posisi ini juga bisa membuat anak dan ibu jadi lebih dekat karena sentuhan kulitnya lebih banyak dekapan dari ibu juga membuat bayi lebih nyaman.

"Untuk skin to skin kan gak mungkin kalau posisinya tegak jadi ini lebih mudah skin to skin, mendapat bonding dan kasih sayang dengan berbagai macam posisi menyusui," pungkas dr. Elizabeth.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini