News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kandungan Albumin Direkomendasikan untuk Pengobatan Penyakit Ginjal Kronis dan Gagal Ginjal

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

CEO Nucleus Farma, Edward Basilianus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada kesempatan tersebut antara lain dibahas tentang manfaat albumin yang terkadung dalam Onoiwa, salah satu produk dari Nucleus Farma.

Penyakit ginjal kronis (PGK) atau gagal ginjal kronis (GGK) menjadi salah satu penyakit yang menakutkan. Penyakit ini ditandai oleh kondisi saat fungsi ginjal yang menurun secara bertahap karena kerusakan ginjal.

Secara medis, gagal ginjal kronis didefinisikan sebagai penurunan laju penyaringan atau filtrasi ginjal selama 3 bulan atau lebih.

Pada proses hemodialisa, darah dialirkan ke luar tubuh dan disaring di dalam ginjal buatan (dialyzer). Darah yang telah disaring kemudian dialirkan kembali ke dalam tubuh.

Penggunaan albumin direkomendasikan karena merupakan indikator yang baik digunakan untuk menilai status gizi penderita dengan hemodialisis serta dapat mengganti nutrisi yang hilang.

Kandungan albumin ini terdapat pada obat natural Onoiwa jenis sediaan oral yang terbuat dari ekstrak ikan gabus dan memiliki kandungan aktif yang dapat membantu pasien gagal.

Baca juga: Tips Puasa Sehat untuk Pasien Gagal Ginjal yang Harus Cuci Darah, Jangan Makan Es Buah dan Kolak

Onoiwa menjadi salah satu obat natural yang diproduksi perusahaan biotech Nucleus Farma (PT Natura Nuswantara Nirmala) yang kini fokus berinovasi mengembangkan obat natural dan suplemen kesehatan dengan menggunakan bahan dasar alami lokal asli dari Indonesia.

Baca juga: Meski Reaksinya Lambat, Obat Herbal Minim Efek Samping Dibanding Obat Kimia

Untuk pengembangan obat natural dan suplemen kesehatan ini, Nucleus Farma selalu mengedepankan nilai-nilai luhur kearifan lokal, serta turut berkontribusi dalam dunia kesehatan dengan menyediakan obat bahan herbal alami yang aman, berkhasiat, dan bermutu.

Baca juga: Kenaikan Impor Februari 2021 Ditopang Produk Farmasi dan Buah-buahan

Maret lalu, Nucleus Farma berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk mendukung kemajuan obat natural dan suplemen kesehatan.

CEO Nucleus Farma, Edward Basilianus pada acara seminar nasional PIKTI “The Secret of Indonesian Herbal (Jamu) for Good Health” yang diselenggarakan secara virtual 28 Maret 2021 lalu mengatakan, biodiversitas tanaman obat yang dimiliki Indonesia sangat berpotensi untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan produk berbahan herbal yang semakin meningkat.

“Jika ini bisa dilakukan dengan optimal akan berdampak positif pada perekonomian nasional dan mendukung kemandirian industri obat berbahan herbal,” katanya.

Edward Basilianus melihat tren penggunaan bahan alam, khususnya obat tradisional di masa pandemi Covid-19 yang meningkat.

Menurutnya, ini merupakan momentum emas bagi masyarakat untuk kembali mencari dan menggunakan rempah-rempah asli Indonesia.

“Hal ini juga menjadi peluang bagi para peneliti untuk dapat mengembangkan hasil risetnya serta memacu para produsen untuk lebih fokus mengembangkan produk berbasis herbal,” kata Edward Basilianus.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini