News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketahui Siapa Saja Paling Berisiko Alami Penyakit Ginjal

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Doker Santi dari Medical Center Kompas Gramedia Group mengatakan gangguan ginjal punya ciri-ciri yang samar.

Setiap orang harus mengenal diri sendiri, sejak dini. 

Seberapa besar risiko yang mereka alami untuk terkena gangguan ginjal.

Menurut dr Santi, ada beberapa orang yang berisiko alami penyakit ginjal.

Pertama orang-orang yang memiliki penyakit diabetes.

Kedua adalah orang yang memiliki penyakit hipertensi.

Dua penyakit ini menurut dr santi penyebab gagal ginjal kronis dan cuci darah terbanyak.


"Jadi supaya tidak menjadi ginjal nya rusak, dan rusaknya ini tidak bisa balik lagi ke awal, maka penderita diabetes dan hipertensi harus mengontrol gula darah,"ungkap dr Santi pada kanal YouTube Sonora FM dikutip Tribunnews, Kamis (6/12/2021).

Selain itu juga penting untuk memerhatikan tekanan darah sesuai standar yang diberikan oleh dokternya. Karena kata dr Santi, dokter biasanya memberikan standar yang telah disesuaikan. Dan setiap orang bisa berbeda-beda. 

"Ada orang miliki standar di bawah 140/90 tensi darah. Ada yang 130/80, ada 120/80. Menentukan golnya? Dilihat dari pasien, apa faktor risiko, riwayat keluarga, penyakit lain diderita, berat badan, jadi banyak hal yang ditimbang," kata dr Santi menambahkan.


Jika standar dan kenyataan pada tubuh berbeda jauh, maka sangat besar dan cepat gangguan ginjal yang akan dimiliki. Sebaliknya, jika semakin terkontrol, makin jauh dari gangguan ginjal.

"Makanya saya selalu mengatakan kesehatan adalah investasi kita dari kita kecil. Bukan dari muda tapi sedini mungkin," katanya lagi. 

Selain itu beberapa orang yang punya faktor risiko adalah punya riwayat di keluarga yang memiliki gangguan ginjal. Lalu kegemukan, merokok, minum alkohol pun dapat berisiko. 

"Orang-orang seperti itu harus chek up fungsi ginjalnya," ucap dr Santi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini