News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ratusan Kucing di Bandung Pingsan Setelah Jalani Sterilisasi Massal

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kucing liar. Total ada 130 kucing liar yang menjalani sterilisasi di Kota Bandung dan 250 ekor hewan lainnya menjalani vaksinasi yang khusus ditujukan kepada hewan penular rabies (HPR) milik masyarakat.

TRIBUNNEWS.COM - Ratusan ekor kucing liar diketahui langsung pingsan massal setelah menjalani sterilisasi oleh petugas di Kota Bandung, Sabtu, 16 Maret 2024. Video pingsannya ratusan ekor kucing ini viral di media sosial.

Narasi dalam video tersebut mencantumkan tulisan “Ratusan kucing pingsan di Bandung setelah disterilisasi agar tidak berkembang biak.”

Berdasar hasil penelusururan, kegiatan sterilisasi kucing liar tersebut dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bandung bekerja sama dengan Yayasan Lets Adopt Indonesia.

Tujuannya, untuk mencegah meluasnya potensi penyakit rabies. Kegiatan sterilisisasi kucing liar serta vaksinasi rabies ini diberikan gratis.

“Jadi intinya kedua proses ini tujuannya satu, memang untuk meningkatkan kewaspadaan terkait potensi penurunan penyakit dari hewan,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh.

"Vaksinasi rabies serta sterilisasi ini guna mencegah hewan liar maupun peliharaan seperti kucing, anjing, dan kera tertular rabies," sambungnya.

Wilsandi juga mengungkapkan, total ada 130 kucing liar yang menjalani sterilisasi dan 250 ekor hewan lainnya menjalani vaksinasi yang khusus ditujukan kepada hewan penular rabies (HPR) milik masyarakat.

“Kalau untuk vaksinasi kita rutin dengan sering mendatangi juga secara door to door bersama kewilayahan. Jadi memang ini salah satu upaya meningkatkan kewaspadaan terkait pencegahan penyakit rabies,” jelasnya.

Laporan reporter Yudistira Wanne | Sumber: Tribunnews Bogor

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini